Rabu, 28 Desember 2022

DOWNLOAD SOAL PAS KOMUNIKASI INDUSTRI PARIWISATA KELAS 10 SEMESTER 2 BESERTA KUNCI JAWABAN

Soal UAS Komunikasi Industri Pariwisata – Halo sobat SMK, kembali lagi di blog Dunia SMK 70, Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar Contoh Soal UAS Kominpar (Komunikasi Industri Pariwisata) Kelas 10 Semester 2.

soal komunikasi industri pariwisata

Komunikasi Industri Pariwisata adalah salah satu mata pelajaran produktif pada jurusan perhotelan di kelas 10. Sebentar lagi akan dilaksanakan ulangan akhir semester genap, oleh karena itu kami membuat artikel ini untuk adik-adik yang duduk di bangku SMK jurusan Perhotelan Kelas 10.

Soal Kominpar Kelas 10 ini terdiri dari 25 Soal Pilihan Ganda dan 5 Soal Essay. Kami berharap dengan adanya artikel tentang Soal Pilihan Ganda Komunikasi Industri Pariwisata Kelas 10 ini bisa meningkatkan motivasi belajar anak-anak dalam mempersiapkan pelaksanaan UAS dan diharapkan bisa mendapat nilai yang memuaskan.

Baik langsung saja berikut Soal PAT Komunikasi Industri Pariwisata Jurusan Perhotelan Kelas 10 Semester 2. 

Baca juga:

Soal UAS Komunikasi Industri Pariwisata Kelas 10 Semester 1

Soal Pilihan Ganda Komunikasi Industri Pariwisata

1. Berikut ini merupakan factor penyebab terjadinya kesalahpahaman antarbudaya, kecuali …..
a. Bahasa
b. Budaya
c. Gender
d. Asumsi yang berbeda
e. Ras yang berbeda 

2. Kesalahpahaman bias terjadi sebab …..
a. Ketidaksimetrisan kenyataan mengenai siapa yang benar dan siapa yang salah
b. Permasalahan penafsiran didalam suatu proses interaksi
c. Kekeliruan yang sangat mendasar
d. Mengimajinasikan pernyataan
e. Semua pernyataan diatas benar

3. Waktu dan kesadaran waktu, penghargaan dan pengakuan, nilai, dan norma, rasa diri dan ruang, proses mental dan belajar, kepercayaan dan sikap merupakan karakteristik hal yang harus dipelajari guna .
a. Memicu kesalahpahaman
b. Mengurangi dan mengatasi kesalahpahaman antar budaya
c. Pendekatan budaya
d. Komunikasi antar budaya
e. Mempelajari budaya

4. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam karakteristik budaya adalah …..
a. Penghargaan dan pengakuan
b. Komunikasi dan budaya
c. Agama dan kepercayaan
d. Rasa diri dan ruang
e. Nilai dan norma

5. Salah satu pernyataan menurut Schraman dalam (Mulyanadan Rakhmat, 2001:6-7) beberapa hal untuk mencapai komunikasi antar budaya yang efektif yaitu …..
a. Komunikasi antar kelompok etnis yang berbeda kadang – kadang dinamakan komunikasi antar etnis
b. Menghormati hak anggota budaya lain untuk bertindak berbeda dari cara bertindak
c. Komunikasi antar jenis kelamin yang berbeda antara pria dan wanita
d. Berempati dengan mitra komunikasi kita, berusaha menempatkan diri kita pada posisinya, gunakan sapaan yang layak sesuai dengan budayanya
e. Menguasai setidaknya bahasa verbal dan nonverbal serta system nilai yang mereka anut

6. Komunikasi antar budaya mencakup berbagai ras atau kelompok menurut De Vito (1997:480-481), yaitu …..
a. Komunikasi antara bangsa yang berbeda (kadang-kadang dinamakan komunikasi internasional), misalnya antara Amerika Serikat dan Meksiko atau antara Prancis dan Italia
b. Komunikator lintas budaya yang kompeten harus belajar menyenangi hidup bersama orang dari budaya lain
c. Menghormati hak anggota budaya lain untuk bertindak berbeda dari cara bertindak
d. Menghormati budaya lain sebagaimana apa adanya dan bukan sebagaimana yang dikehendaki
e. Menghormati hak anggota budaya lain untuk bertindak berbeda dari cara bertindak

7. Apabila seseorang melakukan komunikasi antarbudaya, kemudian terjadi keterbatasan bahasa, maka dapat memicu kesalahpahaman, pernyataan tersebut merupakan factor penyebab terjadinya kesalahpahaman, yaitu …..
a. Perbedaan budaya
b. Bahasa
c. Asumsi yang berbeda
d. Perbedaan pendapat
e. Ketidaksejalanan pikiran

8. Dibawah ini merupakan efek buruk yang ditimbulkan oleh konflik, kecuali …..
a. Bisa menyebabkan penurunan produktivitas
b. Terbentuknya kubu yang saling bertentangan
c. Terbuangnya wajtu yang sia – sia
d. Belajar untuk menemukan solusi pemecahan masalah dengan pengendalian emosi
e. Meningkatkan rasa egoism

9. Saling belajar untuk menghargai perbedaan yang ada termasuk …..
a. Dampak positif sebuah konflik
b. Dampak negative sebuah konflik
c. Terpecahnya sebuah konflik
d. Perbuatan tidak terpuji
e. Hal yang membuang – buang waktu

10. Lakukanlah pengulangan inti topic permasalahan dengan kata – kata yang berbeda agar mudah untuk dipahami merupakan …..
a. Dampak negative konflik
b. Dampak positif konflik
c. Kiat penyelesaian konflik
d. Gejala awal konflik
e. Jenis konflik 

11. Dalam sebuah konflik terdapat kedua belah pihak yang bersitegang dan selalu terjadi perbedaan pendapat. Salah satu pihak yang merasa dirugikan akan terlihat “diam” dan seolah – olah tidak melakukan apapun. Pernyataan tersebut merupakan …..
a. Konflik nyata
b. Konflik riil
c. Konflik internal
d. Konflik terpendam
e. Konflik eksternal 

12. Berikut ini merupakan langkah yang digunakan untuk membentuk tim yang solid guna mengatasi masalah, kecuali …..
a. Dengarkan dan hargai saran – saran atau masukan antar sesame anggota tim. Lalu kembangkan yang menurut anda baik, bila perlu konsultasikan pada pimpinan yang memiliki kewenangan
b. Biasakan catat permasalahan yang terjadi dan cara mengatasinya dalam buku kerja
c. Mementingkan diri sendiri
d. Apabila saat pengambilan keputusan, hargailah perbedaan yang terjadi
e. Selalu menjaga hubungan baik antar tim, jangan mudah emosi, tetap rendah hati, tidak menyimpan dendam, dan jauhkan dari sikap iri hati. 

13. Sharing kepada sesame anggota tim tentang pengalaman yang dialami tanpa perlu menutup nutupi kekurangan, kemudian bagikan cara untuk memecahkan suatu konflik agar menjadi pelajaran sesame anggota team work merupakan hal yang dilakukan untuk …..
a. Memancing suatu konflik
b. Membentuk tim solid guna mengatasi konflik
c. Membuat kubu
d. Memulai pertentangan
e. Mengatasi konflik 

14. Tata cara menghindari konflik diantaranya …..
a. Konflik akan teratasi dengan sendirinya apabila dibiarkan
b. Dilakukan pertemuan untuk mengemukakan argumentasi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi
c. Menyelesaikan dengan cara tukar pendapat
d. Melakukan komunikasi dua arah
e. Memulai komunikasi dengan semangat 

15. Kurang jelasnya job deskripsi tugas dan batas kewenangan merupakan konflik yang terjadi antara …..
a. Pelanggan dengan pelanggan
b. Pelanggan dengan staf
c. Pelanggan dengan pimpinan
d. Staf dengan pimpinan
e. Dengan diri sendiri

16. Merasa terikat dengan organisasi/perusahaan, tidak melemparkan masalah kepada orang lain atau lepas tanggung jawab, dengan alas an karena bukan tugas/urusan anda, dalam 7 sikap yang harus diperhatikan disebut …..
a. Caring
b. Controlet
c. Creativ
d. Committed
e. Contagious 

17. Selalu memelihara keakraban, kegembiraan, kesejukan, dan kedamaian kepada penelepon, dalam 7 sikap yang harus diperhatikan disebut …….
a. Caring
b. Controlet
c. Creativ
d. Committed
e. Contagious 

18. Memiliki sikap bersahabat dan menjaga emosi penelepon, dalam 7 sikap yang harus diperhatikan disebut …….
a. Caring
b. Controlet
c. Creativ
d. Committed
e. Contagious 

19. Berikut ini yang bukan termasuk dalam mengatur emosi apabila mendengarkan sesuatu yang kurang menyenangkan adalah
a. Selalu berpikiran positif
b. Atur napas agar tetap dalam kondisi relaks
c. Jangan merasa hanya anda yang disalahkan
d. Mengabaikan penelepon
e. Seseorang yang emosi kondisi temperamennya tidak stabil maka butuh peerhatian lebih 

20. Seorang penelepon hendaknya menguasai teknik dasar menjawab telepon, salah satunya yaitu …..
a. Terlebih dahulu menyebutkan nama perusahaan kemudian sebut nama diri jika diperlukan secara jelas, atur tekanan dan jangan berteriak
b. Tidak perlu menyapa
c. Langsung ke pokok pembicaraan
d. Langsung menutup telepon tanpa mengakhiri pembicaraan
e. Berteriak 

21. Kondisi psikis seperti stress, ketidakpercayaan diri, kecemasan yang berlebihan, dan kelelahan merupakan factor pendorong konflik yang berkaitan dengan ..
a. Pekerjaan
b. Personality
c. Sosial
d. Ekonomi
e. Individu

22. Keluhan pelanggan atau tamu terhadap mutu produk atau layanan yang disediakan merupakan factor pendorong konflik yang berkaitan dengan …..
a. Pekerjaan
b. Personality
c. Sosial
d. Ekonomi
e. Individu 

23. Jenis – jenis komunikasi yaitu …..
a. Message dan momunikator
b. Internal dan eksternal
c. Hubungan antar tim
d. Komunikasi verbal dan non verbal
e. Bicara semi formal dan formal 

24. Emosi, tidak konsisten, perbedaan individu, tidak ada umpan balik, dan kurang perhatian merupakan …..
a. Penghambat komunikasi
b. Upaya terjadinya komunikasi
c. Problem solving facilitator
d. Upaya melakukan komunikasi
e. Pemecahan masalah 

25. Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu konsumen internal, konsumen intermediate, dan …..
a. Konsumen biasa
b. Konsumen luar biasa
c. Konsumen tetap
d. Konsumen eksternal
e. Konsumen sementara  

Soal Essay Komunikasi Industri Pariwisata Kelas 10

1. Tuliskan factor penyebab terjadinya konflik.

2. Berikan penjelasan gejala awal yang terlihat saat akan terjadinya konflik. 

3. Bagaiamana cara kamu menghindari konflik yang kamu hadapi

4. Jelaskan definisi kesalahpahaman antar budaya. 

5. Sebutkan dan jelaskan factor penyebab terjadinya kesalahpahaman. 

Bagi sobat guru semuanya yang memerlukan file wordnya silahkan bisa didownload di sini, SOAL PAS KOMUNIKASI INDUSTRI PARIWISATA KELAS 10 SEMESTER 2 DAN KUNCI JAWABAN

Inilah artikel yang bias kami sajikan tentang Soal UKK Komunikasi Industri Pariwisata Kelas 10 Jurusan Perhotelan Semester 2. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami ini, jangan lupa baca juga artikel lainnya dari blog kami ini seputar dunia SMK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel