Soal UAS Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor – Halo sobat SMK, Pada artikel kali ini admin blog Dunia SMK 70 akan berbagi informasi tentang Soal UAS Pilihan Ganda Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas 11 Semester 2. Pada soal yang kami buat terdiri dari 20 Soal pilihan ganda dan 10 soal essay pemeliharaan mesin sepeda motor kelas 11.
Semoga artikel ini bisa membantu adik-adik kelas 11 jurusan TSM dalam mempersiapkan kegiatan UAS di semester genap ini. Soal UAS Mapel Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor berisikan materi tentang perawatan berkala mekanisme kopling sepeda motor dan perawatan berkala sistem transmisi dan mekanisme gear sepeda motor.
Soal Pilihan Ganda Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
1. Tanda-tanda kampas kopling telah aus pada kendaraan bermotor antara lain ....
a. tenaga mesin terasa stabil terutama ketika menanjak
b. antara rpm mesin dan kecepatan tidak sebanding, misalnya putaran mesin tinggi namun laju sepeda motor seperti tertahan
c. perpindahan gigi transmisi terasa lembut dan kasar, untuk transmisi matik terasa menghentak
d. bahan bakar menjadi lebih hemat
e. semua benar
2. Cara kerja kopling otomatis pada sepeda motor berdasarkan ....
a. tinggi dan rendahnya putaran mesin sepeda motor
b. tinggi dan rendahnya putaran persneling sepeda motor
c. tinggi dan rendahnya putaran transmisi sepeda motor
d. tinggi dan rendahnya jalan yang dilalui sepeda motor
e. tinggi dan rendahnya putaran roda sepeda motor
3. Fungsi sistem kopling pada sepeda motor adalah ....
a. meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke roda belakang
b. meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke mesin
c. meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi
d. meneruskan dan memutuskan putaran roda mesin
e. meneruskan dan memutuskan putaran mesin
4. Fungsi minyak pelumas atau oli bagi sistem kopling sepeda motor adalah ....
a. sebagai pendingin dan melumasi komponen kopling serta memper-lembut gesekan antar komponen
b. sebagai pendingin dan pelumas bagian transmisi saja
c. sebagai pendingin dan pelumas bagian mesin
d. sebagai pendingin dan melumasi pelat kopling saja
e. sebagai pendingin dan melumasi rumah kopling saja
5. Di bawah ini sumber-sumber kerusakan pada sistem pemindah tenaga (kopling) antara lain, kecuali ....
a. kopling macet dan pemindahan gigi transmisi keras
b. jumlah kanvas kopling dan pelat gesek tidak sama
c. gaya atau gerak kopling tidak sama
d. kopling selip
e. saat bekerja pemindah gigi terlalu lambat
6. Persyaratan yang harus dimiliki oleh sebuah unit kopling adalah ....
a. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi
b. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi sampai roda belakang
c. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi secara berangsur-angsur dan merata tanpa hentakan
d. dapat melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi
e. benar semua
7. Kanvas kopling dibuat dari paduan bahan asbes dan logam dengan tujuan ....
a. tahan terhadap panas dan gesekan serta dapat mengcengkeram dengan baik
b. tahan terhadap tekanan pegas kopling
c. bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial dan arah radial
d. dapat menahan beban akibat putaran fly wheel yang berasal dari mesin
e. pelat kop[ling dapat memenuhi persyaratan
8. Kopling yang bekerja berdasarkan adanya gaya sentrifugal adalah kopling jenis ....
a. ganda
b. otomatis
c. manual
d. basah
e. kering
9. Salah satu yang harus diperhatikan pada saat perakitan mekanisme unit kopling adalah penempatan ring pengunci yang ada tulisan outside. Tulisan harus menghadap ke arah ....
a. samping
b. luar
c. bawah
d. atas
e. searah jarum jam
10. Di bawah ini merupakan komponen-komponen bagian kopling yang terdapat pada clutch outer drum, kecuali ....
a. pressure plate
b. friction plate
c. clutch center
d. lifter rod
e. inner clutch
11. Komponen yang terdapat alur semacam jalur cacing dan berguna untuk mengatur gerak garpu pemindah gigi (shift fork) adalah ....
a. drum gearshift
b. shift drum
c. drum shaft
d. shaft
e. return shaft
12. Komponen yang bersama dengan pelat stopper bertugas sebagai penahan drum gear shift agar tidak berputar dengan sendirinya adalah ....
a. carrier
b. pelat bundar
c. pelat bintang
d. shift fork
e. shift drum
13. Komponen dust seal aus, dan keras. Solusi yang dilakukan adalah ....
a. dust seal tidak dipakai
b. dust seal dibuang saja
c. dust seal diberi tanda
d. dust seal diberi sealer
e. dust seal diganti baru
14. Roda gigi yang dapat bergeser pada porosnya dan jika roda gigi ini berputar maka poros transmisi juga ikut berputar adalah ....
a. roda gigi cacing
b. roda gigi tetap
c. roda gigi geser
d. roda gigi kering
e. roda gigi tumpuk
15. Roda gigi tang terpasang bebas pada poros transmisi adalah ....
a. roda gigi keliling
b. roda gigi terikat
c. roda gigi bebas
d. roda gigi double
e. roda gigi nyata
16. Serangkaian komponen transmisi manual yang bertugas untuk mengatur perpindahan gigi transmisi dengan cara menggeser gigi-gigi pada gear transmisi adalah ....
a. mekanisme mesin
b. mekanisme gigi
c. mekanisme pemindah gigi
d. mekanisme penyetelan transmisi
e. mekanisme kopling
17. Transmisi manual pada sepeda motor terdiri dari dua komponen utama, yaitu ....
a. mekanisme pemindah gigi dan ring transmisi
b. mekanisme pemindah gigi dan gear transmisi
c. mekanisme pemindah gigi dan pelampung
d. mekanisme pemindah gigi dan kopling
e. mekanisme pemindah gigi dan gear
18. Sistem transmisi sepeda motor ada dua macam, yaitu ....
a. otomatis dan konvensional
b. otomatis dan biasa
c. manual dan otomatis
d. manual dan konvensional
e. manual dan biasa
19. Serangkaian komponen dalam sebuah sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari poros engkol menuju ke roda belakang adalah ....
a. sistem pelumasan
b. sistem transmisi
c. sistem perbaikan
d. sistem pengapian
e. sistem perawatan
20. Transmisi otomatis yang perubahan kecepatannya terjadi secara berkesinambungan adalah ....
a. mekanisme pemindah gigi
b. CVT
c. transmisi manual
d. transmisi otomatis
e. sistem transimisi
Soal Essay Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
1. Coba jelaskan kedudukan sistem transmisi dan mekanisme gear pada sistem penggerak tenaga pada sepeda motor ?
2. Apa yang kamu ketahui tentang sistem transmisi otomatis, selain CVT?
3. Apa yang kamu ketahui tentang gearbox?
4. Ada berapakah pembagian pemeriksaan dalam sistem transmisi?
5. Sebutkankomponen-komponen yang diperiksa dalam transmisi manual?
6. Mengapa kopling otomatis tidak menggunakan hendel kopling?
7. Apa yang kamu ketahui tentang kopling ganda?
8. Apa saja yang dapat menyebabkan kopling terjadi selip?
9. Jelaskan cara kerja sistem pemindahan tenaga mulai dari psiton hingga ke roda belakang?
10. Jelaskan cara kerja kopling mekanisme?
Bagi rekan-rekan guru yang menginkan file wordnya agar bisa diedit silahkan download di sini, SOAL PAS PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR KELAS 11 SEMESTER 2
Demikianlah artikel tentang Soal UAS Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas 11 Semester 2. Semoga bisa memberikan manfaat untuk adik-adik kelas 11 di jurusan TSM. Terimakasih sudah berkunjung di blog Dunia SMK 70, Jangan lupoa baca juga artikel lainnya tentang Soal-soal Produktif lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar