Jumat, 12 Juni 2020

KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) Semua Mata Pelajaran SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018

Hello sobat guru di seluruh nusantara pada kesempatan kali ini admin blog duniasmk70.blogspot.com akan membagikan artikel tentang KI dan KD Semua Mata Pelajaran SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018. Seperti kita ketahui bersama sebentar lagi kita akan memasuki tahun ajaran baru 2020/2021. Setiap guru diwajibkan membuat rencana pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran di mulai agar pembelajaran bisa terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

ki dan kd kurikulum 2013 smp revisi 2019

Di dalam perangkat pembelajaran seorang guru diantaranya terdapat silabus, RPP, Prota, Prosem. Untuk menyusun perangkat pembelajaran kita berpedoman dari KI dan KD SMP/MTS Pada Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang terdapat pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah direvisi berdasarkan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2008 Tentang KI dan KD SD/MI, SMP/MTs, SMP/MTS Pada Kurikulum 2013.

Sebelum lebih jauh kita menyusun perangkat pembelajaran, kita harus memahami pengertian dari unsur-unsur perangkat pembelajaran. Kompetensi inti pada kurikulum 2013 Revisi 2018 mempunyai pengertian yaitu tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Sedangkan Kompetensi dasar mempunyai pengertian yaitu kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.

Perangkat pembelajaran lainnya yaitu RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dibuat sebagai acuan guru dalam melaksanakan tugas mengajar di kelas.

Kurikulum mempunyai tujuan yaitu mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

kd ipa kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017

Untuk membantu bapak/ibu guru dalam menyusun perangkat pembelajarannya kami membagikan KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) Semua Mata Pelajaran SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018. Dan bagi bapk/ibu guru yang mengajar di SMA/SMK/MA/MAK silahkan bisa melihat KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) Semua Mata Pelajaran SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Berikut ini KI & KD yang bisa bapk/ibu guru unduh sesuai link masing-masing pada setiap Mata Pelajaran untuk SMP/MTs Berdasarkan Permendikbud Nomor 37 Tahun 208 tentang KI dan KD SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK

1. KI & KD PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS Unduh Disini

2. KI & KD PENDIDIKAN AGAMA BUDHA DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS Unduh Disini

3. KI & KD PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS Unduh Disini

4. KI & KD PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS Unduh Disini

5. KI & KD PENDIDIKAN AGAMA KONGHUCU DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS Unduh Disini

6. KI & KD PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS Unduh Disini

7. KI & KD BAHASA INDONESIA SMP/MTS Unduh Disini

8. KI & KD BAHASA INGGRIS SMP/MTS Unduh Disini

9. KI & KD IPA SMP/MTS Unduh Disini

10. KI & KD SENI BUDAYA SMP/MTS Unduh Disini

11. KI & KD MATEMATIKA SMP/MTS Unduh Disini

12. KI & KD PKN SMP/MTS Unduh Disini

13. KI & KD PENJASKES SMP/MTS Unduh Disini

14. KI & KD PRAKARYA SMP/MTS Unduh Disini

15. KI & KD INFORMATIKA SMP/MTS Unduh Disini

Demikian artikel tentang KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) Semua Mata Pelajaran SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat teruntuk bapak/ibu guru SMP/MTS di seluruh Indonesia. Terimakasih sudah membaca artikel ini jangan lupa baca juga artikel lainnya karena di blog ini berisi artikel-artikel pendidikan yang teruptodate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel