LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN SEKOLAH
Mengetahui / Mengesahkan :
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
PENGENALAN HARDWARE
PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN CIREBON
PadaTanggal 10 Bulan Oktober Tahun 2019
Kaprog. Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Pembimbing Laporan,,
Naku Kurniawan Susanto, S. Kom Diana Lesmana Sari, S.Pd
Mengetahui :
Kepala SMK ULIL ALBAB Depok,
Hj. Sri Rahayu, M. Pd
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
PADA DU/DI
Mengatahui / Mengesahkan :
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
PENGENALAN HARDWARE
PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN CIREBON
Pada Tanggal 10 Bulan Oktober Tahun 2019
PLT. Kepala Diskominfo Pembimbing Diskominfo
SUGENG DARSONO, SH.MM. FAJAR SUTRISNO, S.Si
KATA PENGANTAR
Laporan PKL ini kami susun berdasarkan pengalaman dan data-data yang kami peroleh selama melaksanakan PKL ini di Dinas Komunikasi dan Informatika Jaringan. Laporan ini disusun sedemikian rupa dengan tujuan dapat diterima dan dipahami oleh pembimbing serta dapat dipakai sebagai ulasan adik adik kelas yang nantinya juga akan melaksanakan PKL dan menyusun laporan.
Kami menyadari bahwa hal tersebut terlaksana berkat bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Ibu Hj. Sri Rahayu, M. Pd sebagaiKepala SMK ULIL ALBAB Depok.
2. Naku Kurniawan, S.Kom selaku Kepala Program TKJ.
3. Amelia Sutara, SE selaku Ketua Program Praktik Kerja Lapangan.
4. Ferri Kristiyanto, S.Pd selaku Pembimbing Praktik Kerja Lapangan.
5. Diana Lesmana Sari, S.Pd selaku Pembimbing Laporan.
6. Sugeng Darsono, SH, MM selaku Pimpinan DISKOMINFO.
7. Fajar Sutrisno, S.Si selaku Pembimbing DISKOMINFO.
8. Seluruh staf karyawan Kantor DISKOMINFO yang membantu dan memberikan bimbingan kepada saya selama kegiatan PKL berlangsung.
9. Orang tua tercinta yang telah memberikan do’a, dukungan dan dorongan dari segi internal dan moral.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan penyusunan laporan ini.Penulis juga mengharapkan kritik serta saran yang dapat membangun demi perbaikan laporan ini. Semoga laporan ini dapat berguna bagi penulis maupun pihak lain, Aamiin.
Cirebon, 10 Oktober2019
Agil Ramadan
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
LEMBAR PENGESAHAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA JARINGAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Maksud Praktir Kerja Lapangan
1.2. Tujuan Praktik Kerja Lapangan
1.3. Manfaat Praktik Kerja Lapangan
1.3.1. Manfaat Teoris
1.3.2. Manfaat Praktis
BAB II PROSES PELAKSANAAN
2.1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
2.1.1 Waktu Pelaksanaan
2.1.2 Tempat Pelaksanaan
2.2 Profil DU/DI
2.2.1. Gambaran Umum DU/DI
2.2.2.Visi dan Misi DU/DI
2.2.3.Struktur Organisasi DU/DI
2.2.4.Kegiatan Usaha DU/DI
2.2.5. Inventarisasi Peralatan DU/DI
2.3. Prosedur Operasional Standar
BAB III HASIL YANG DICAPAI
3.1 Faktor Pendukung
3.2 Faktor Penghambat
3.3 Upaya Penanggulangan Masalah
3.4 Pengembangan atau Tidak Lanjut
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran
4.3. Lampiran
4.4. Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Maksud Praktik Kerja Lapangan
Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.Disamping dunia usaha, Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bias didapat didunia usaha, sehingga dengan adanya Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah Atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.
Maksud dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Lapangan ( PKL ), Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) juga sebagai kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.
Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, didukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang industri dan teknologi yang memaksa kita untuk ikut terjun ke dalam dunia industri, bisnis, dan perdagangan .
Berdasarkan uraian diatas dapat ditarik kesimpulan maksud dilakukan Praktek kerja Lapangan diantaranya sebagai berikut :
a. Guna untuk menambah wawasan siswa agar tidak hanya menguasai satu materi.
b. Memberikan pengalaman kerja pada siswa dalam dunia kerja.
c. Melatih mental siswa.
d. Menjadikan siswa sebagai pribadi yang mandiri.
1.2. Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) sendiri bertujuan untuk memperkenalkan, serta menumbuhkan sikap profosional siswa pada dunia usaha, sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya. Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) dipandang perlu untuk mengimplementasikan materi yang didapat dari sekolah yang kemudian bias membentuk pola pikir yang membangun semangat siswa Praktik Kerja Lapangan.Disamping itu sekolah menginginkan siswanya untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara professional di dunia kerja yang sebenarnya dari hal itu dapat meningkatkan daya kreasi dan produktifitas terhadap siswa. Oleh karena itu siswa dapat meluaskan wawasan dan pandangannya terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
1.3. Manfaat Praktik Kerja Lapangan
1.3.1. Manfaat Teoritis1. Untuk Pihak Sekolah
a) Sekolah dapat menjalankan kegiatan kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah untuk DU/DI.
b) Sebagai bahan kajian untuk para siswanya.
2. Untuk Pihak DU/DI
a) Pihak DU/DI terbantu oleh adanya siswa PKL dari segi produksi dan pengembangan industri
b) Sebagai bahan pertimbangan guna menghadapi persaingan usaha.
3. Untuk Pihak Siswa
a) Bisa mengimplementasikan pembelajaran yang ada di sekolah
b) Bahan tambahan pengetahuan mengenai kerasnya dunia luar
1.3.2. Manfaat Praktis
1. Untuk Pihak Sekolah
• Memperkuat jalinan relasi antara pihak sekolah dengan DU/DI
• Menambah citra positif sekolah
2. Untuk Pihak DU/DI
• Aktifitas antara atasan dan para karyawan saling berkesinambungan
• Proses evaluasi yang terjadi mampu memberikan ide – ide kreatif bagi kemajuan perusahaan
3. Untuk Pihak Siswa
• Untuk mengenali jati diri siswa mengenai bidang keahlian yang diambilnya di sekolah
• Meningkatnya kemampuan siswa dalam bidang keahlian
BACA JUGA:
- Contoh Laporan Prakerin SMK Teknik Sepeda Motor (TSM) Lengkap
- Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK Jurusan Administrasi Perkantoran Lengkap
BAB II
PROSES PELAKSANAAN
2.1. Waktu dan Tempat PKL
2.1.1 Waktu pelaksanaanSenin, 01Juli 2019 s/d 30 September 2019
Pelaksanaan kerja setiap hari Senin s/d Jum’at
Pukul 07.30 s/d 15.00 WIB
2.1.2. Tempat pelaksanaan
Tempat : Dinas Komunikasi dan Informatika Jaringan
Alamat : Jl. Sunan Drajat No.15 Sumber Cirebon 45611
2.2. Profil DU/DI
2.2.1. Gambaran Umum DU/DISejak beberapa tahun lalu sudah memasuki sebuah era modern. Hampir semua aspek dalam kehidupan kita berkaitan dengan teknologi. Dengan teknologi pula, jarak dan waktu seolah bukan lagi masalah. Kita dapat dengan mudah mengakses informasi dibelahan dunia manapun. Perkembangan teknologi nya ini telah merambah semua wilayah, bahkan sampai ke pelosok desa. Kabupaten Cirebon tentu tidak ingin tertinggal dalam bidang kemajuan teknologi ini. Demi mewujudkan visi Provinsi Jawa Barat untuk menjadi Provinsi termaju di Indonesia, maka di bentuklah Dinas Komunikasi dan Informatika Jaringan Kabupaten Cirebon pada tanggal 12 Januari 2009 yang kelak diharapkan menjadi tulang punggung kemajuan teknologi informasi di Kabupaten Cirebon.
Dinas Komunikasi dan Informatika Jaringan Kabupaten Cirebon dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Cirebon. Adapun tugas, fungsi dan tata kerja.
Dinas Komunikasi dan Informatika Jaringan Kabupaten Cirebon di atur dalam peraturan Bupati No. 51 Tahun 2008. Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Cirebon mengalami perubahan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Cirebon Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Cirebon dan Peraturan Bupati Cirebon Nomor 61 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Cirebon.
Struktur Organisasi dan Tupoksi Dinas Komunikasi dan Informatika pun mengalami perubahan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Cirebon Nomor 78 Tahun 2016 Tentang Fungsi, Tugas Pokok dan Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon.
2.2.2. Visi dan MisiRoyyan Computer
1. Visi :
“Terwujudnya Komunikasi dan Informatika yang efektif dan Efisien Menuju Masyarakat Kabupaten Cirebon Sejahtra”
2. Misi :
a) Melaksanakan Sarana dan Prasarana Komunikasi dan Informatika.
b) Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ).
c) Menyelenggarakan Kebijakan Pemerintah Daerah di Bidang Komunikasi dan Informatika.
d) Meningkatkan Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika dengan Lembaga Sosial, Pemerintah Dearah, Pemerintah Provinsi dan Pemrintah Pusat.
e) Meningkatkan Pelayanan Komunikasi dan Informasi Kepada Masyarakat Kabupaten Cirebon.
2.2.3. Struktur Organisasi DU/DI
a. Kepala Dinas
Mempunyai tugas pokok menyelenggarakan perumusan kebijakan, pengkoordinasian, pembinaan dan pengelolaan pelaksanaan kegiatan tugas di bidang komunikasi dan informatika, statistik dan persandian.
b. Sekretaris Dinas
Mempunyai tugas pokok melaksanakan kordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian layanan administrasi kepada seluruh unit kerja di lingkungan Dinas.
c. Subbagian Umum dan Kepegawaian
Mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan ketatusahaan, ketatalaksanaan, kehumasan, perlengkapan, rumah tangga serta administrasi kepegawaian di lingkungan Dinas.
d. Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
Mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan dan pelaporan.
e. Subbagian Keuangan dan Aset
Mempunyai tugas pokok melaksankan penyusunan bahan anggaran, penatausahaan keuangan, dan pencatatan aset.
2.2.4. Kegiatan Usaha
Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan unsur pelaksanaan pemerintah daerah yang mempunyai tugas pokok mengatur sebagian urusan rumah tangga daerah di bidang komunikasi dan informatika sebagaimana yang tercantum dalam Perda Kabupaten Cirebon Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pembetukan Organisasi Dinas Daerah. Peraturan Bupati Cirebon Nomor 51 Tahun 2008 Tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika. Dalam Peraturan tersebut menyatakan Dinas Komunikasi dan Informatika adalah lembaga Teknis Daerah berbentuk dinas, merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah di Bidang Komunikasi dan Informatika yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris Daerah, sedangkan Tugas Pokok Dinas Komunikas dan Informatika Kabupaten Cirebon berdasarkan Pasal 2 bagian kedua adalah : Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas pokok membantu Kepala Daerah dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Bidang Komunikasi dan Informatika.
2.2.5. Inventarisasi Peralatan DU/DI
Berikut ini adalah alat dan bahan yang digunakanselama PKL :
BAB III
HASIL YANG DICAPAI
3.1. Faktor Pendukung
Ada beberapa factor pendukung yang membantu saya selama melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) :a) Tenaga ahli yang sudah Profesional.
b) Alat yang lengkap.
c) Kedua orang tua yang selalu mendukung baik moral maupun material.
3.2. Faktor Penghambat
Adapun Faktor Penghambat yang terjadi saat melakukan PKL, adalah sebagai berikut :a) Banyak nya siswa dari sekolah lain yang PKL di DINASKOMINFO.
b) Tempat PKL ini memiliki jarak yang lumayan jauh dengan tempat tinggal penulis.
c) Pengetahuan yang lebih namun minim praktikum di sekolah membuat penulis harus belajar dari nol lagi.
3.3. Upaya Penanggulangan Masalah
Adapun cara penanggulangan masalah untuk factor penghambat selama melaksanakan PKL:a) Siswa PKL mengatasi hal itu dengan mencari referensi dari internet.
b) Hal ini membuat penulis harus menaiki angkutan umum yang melaju cepat supaya tidak terlambat sampai di tempat pkl.
c) Penulis mengikuti instruksi pembimbing dengan baik, jadi tidak sulit untuk mempraktekannya.
3.4. Pengembangan atau tindak lanjut
Adapun pengembangan atau tindak lanjut dari upaya penanggulangan masalah selama melaksanakan PKL:a) Pada saat siswa PKL mengalami kesulitan dalam menginstalasi perlu dibuatkan panduan langkah kerja agar siswa PKL tidak perlu bertanyalagi pada pembimbing
b) Pertimbangkan kembali keputusan prakerin di tempat yang jauh dari tempat tinggal, dan mencari tempat yang lebih dekat untuk dijangkau
c) Mengusulkan kepada sekolah agar memperbanyak lagi kegiatan praktikum di sekolah dan bukan hanya soal teori saja yang selalu dipelajari siswa, karena bahwasannya siswa SMK itu diutamakan untuk memiliki skill atau keahlian.
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Adanya Praktik Kerja Lapangan diperlukan dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas baik secara ilmu pengetahuan maupun mental para lulusan SMK dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan tuntunan kebutuh ankerja dan memper dalam serta memperluas kemampuan professional serta menghayati etos kerja dalam situasi yang sebenarnya.
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan sebagai perwujudan dari Link and Match antara dua tempat yaitu Sekolah dan Dunia Usaha/Dunia Industri. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Komunikasi dan Informatika Jaringan, secara langsung dapat dilihat dan mengalami situasi kerja yang sesungguhnya, karena itu maka penulis meyimpulkan :1. PKL sangatbergunamelatih mental siswa.
2. PKL member kesempatan bagi siswa untuk melatih kerja sama, kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap perusahaan.
3. PKL merupakan program yang sangat tepat untuk melatih kerja sama, kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap perusahaan.
4. PKL merupakan wadah untuk mengetahui, mempelajari dan membandingkan hal-hal yang dipelajari di sekolah dengan pelaksanaan Dunia Usaha/Dunia Industri.
5. PKL merupakan pengujian yang tepat untuk mengetahui kemampuan dan keterampilan kerja.
4.2. Saran
1. Untuk Pihak Dunia Usaha/Dunia IndustriPenulis berharap, agar pihak Dunia Usaha / Dunia Industri yang kami tempati bersedia menerima kembali dan membimbing peserta PKL untuk tahun yang akan dating guna mempererat tali silaturahmi dan lancarnya hubungan kerja samadengan pihak sekolah.
2. Untuk Pihak Sekolah
Penulis berharap semoga Kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini dapat tetap dilaksanakan untuk tahun yang akan dating guna meningkatkan pengetahuan, mental, dan pengalaman keterampilan dalam dunia kerja. Serta sekolah lebih mempersiapkan standar untuk siswa yang boleh melaksanakan PKL dalam segi administrasi serta kegiatan praktik untuk menunjang berlangsungnya PKL agar siswa memiliki kemampuan dasar yang mencukupi.
3. Untuk Pihak Siswa
Penulis mengharapkan agar peserta Praktik Kerja Lapangan selanjutnya dapat menjaga nama baik Sekolah dan juga Instansi yang akan ditempati, serta menaati peraturan yang berlaku di Instansi tersebut.
Bagi kawan-kawan yang menginginkan file wordnya silahkan bisa download di sini, CONTOH LAPORAN PKL JURUSAN TKJ
Demikian artikel yang berjudul Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) SMK Jurusan TKJ Lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca yang baik hati. Terimakasih sudah berkunjung di blog duniasmk70.blogspot.com
Demikian artikel yang berjudul Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) SMK Jurusan TKJ Lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca yang baik hati. Terimakasih sudah berkunjung di blog duniasmk70.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar