Selasa, 02 Februari 2021

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PEMBELAJARAN DARING (PJJ) BAGI SISWA DAN GURU SMK

Dampak pembelajaran daring - Halo sobat SMK, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi tentang pengamatan kami selama pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini yaitu dengan pembelajaran daring. Apakah efektif dengan pembelajaran daring ini atau malah menurunkan kualitas dan motivasi belajar baik siswa ataupun gurunya.

 

dampak positif dan negatif pembelajaran daring

Di tulisan ini kami mengshare pengamatan kami pada sekolah yang kami ajar dan juga wawancara dengan berbagai siswa di SMK tentang pembelajaran jarak jauh ini. apa sih dampak positif dan negatifnya dengan pembelajaran jarak jauh ini. Di tulisan ini kami akan membagikannya.

Dampak positif pembelajaran daring bagi siswa:

* Meningkatkan kedekatan siswa dengan orangtua, dengan pembelajaran daring yang memaksakan siswa belajar di rumah maka peran orangtua untuk mengontrolnya membuat anak dan orangtua semakin dekat.

* Menumbuhkan sikap mandiri dalam belajar, ya jelas dengan pembelajaran daring siswa dituntut untuk mandiri baik dalam mencari informasi maupun menyelesaikan tugas terkait materi yang sedang ia pelajari. 

* Meningkatkan pembelajaran era digital, Siswa dituntut harus menguasai berbagai aplikasi untuk pembelajaran daring seperti google classroom, zoom, google form, e-learning supaya tidak tertinggal informasi mengenai pembelajaran yang diberikan oleh guru.

* Memanfaatkan waktu untuk hal produktif, pembelajaran daring sering kali guru hanya memberikan tugas yang bisa dikerjakan kapan saja oleh siswa karena diberi waktu 1 minggu untuk menyelesaikan. Hal ini dimanfaatkan beberapa siswa SMK untuk mencari pekerjaan sampingan yang produktif.

Dampak Negatif pembelajaran daring bagi siswa:

* Menurunkan motivasi belajar, pembelajaran daring membuat kurangnya kontrol guru dalam memberikan pembelajaran terhadap siswa, sehingga hal ini menurunkan motivasi belajar siswa karena terkesan tugas dan tugas saja yang harus dikerjakan tanpa adanya interaksi antar guru da siswa seperti pembelajaran tatap muka.

* Bosan, pembelajaran daring membuat siswa cepat bosan karena tidak adanya interaksi antar siswa dengan siswa, sehingga membuat siswa terasa monoton dengan situasi ini.

* Kedisiplinan menurun, acapkali pembelajaran jarak jauh ini guru hanya memberikan tugas dan materi di GCR atau yang lainnya tanpa adanya syncron utnuk tatap maya melalui zoom atau sejenisnya. Hal ini membuat siswa kurang disiplin dalam belajar, mereka bisa kapan saja mengerjakan tugas-tugas dari guru.

Tak hanya siswa yang terdampak oleh pembelajaran jarak jauh ini bahkan guru pun sangat terasa pemrbedaannya antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Berikut ini dampak positif dan negatif pembelajaran daring bagi guru.

Dampak positif pembelajaran daring bagi guru:

* Meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengajar, situasi dan kondisi memaksakan kita sebagai guru untuk kreatif dan inovatif dalam hal memberikan ilmu terhadap siswa-siswi melalui pembelajaran daring ini, ada yang menggunakan e-learning, GCR, Google form dll.

* Berusaha menguasai aplikasi pembelajaran daring, terutama guru-guru yang senior mereka akan kesulitan jika tidak mau beradaptasi terhadap gaya pembelajaran di situasi pandemi ini maka nereka berusaha untuk dapat menguasai bagaimana cara mengajar melalui  berbagai aplikasi seperti zoom, GCR dll.

* Memiliki waktu lauang dengan keluarga, karena pembelajaran berada di rumah maka guru dapat memanfaatkan sambil memberikan bimbingan kepada anaknya sendiri.

Dampak Negatif pembelajaran daring bagi guru:

* Kedisiplinan menurun, dengan pembelajaran daring yang flesibel membuat pembelajaran bisa di atur waktunya sehingga embuat guru menurun tingkat disiplinnya.

* Memanfaatkan waktu untuk mencari tambahan uang, dengan pembalajaran daring sebagian guru ada yang sambil bekerja atau berdagang hanya ingin menambah penghasilan.

* Tidak bisa mengajar, bagi guru yang gaptek dan tidak ingin mau beradaptasi maka mereka akan kesulitan dalam mengajar dengan cara daring.

Demikianlah tulisan kami tentang dampak positif dan negatif pembelajaran daring bagi siswa dan guru SMK berdasarkan pengamatan kami di lapangan. Jika ada kekurangan kami mohon maaf, terimakasih sudah membaca artikel dari kami ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel