Minggu, 22 Maret 2020

25 Soal teori kejuruan Teknik Sepeda Motor (Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor) Kelas XI Semester Ganjil Beserta Jawabannya

A.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1.    Komponen-komponen sepeda motor yang berfungsi membangkitkan percikan bunga api melalui busi untuk mencapai pembakaran yang sempurna adalah ….
a.    Sistem perawatan pengapian
b.    Sistem pemeriksaan pengapian
c.    Sistem perbaikan pengapian
d.    Sistem pengapian
e.    Sistem pengapian berkala

2.    Salah satu cara untuk mencapai perbandingan bahan bakar dan udara yang tepat adalah ….
a.    Melakukan penyetelan komponen CDI
b.    Melakukan penyetelan komponen platina
c.    Melakukan penyetelan komponen busi
d.    Melakukan penyetelan karburator untuk memperoleh perbandingan bahan bakar dan udara yang tepat
e.    Melakukan perbaikan pada sistem pengapian

soal teori kejuruan teknik sepeda motor kelas XI semester ganjil

3.    Tekanan kompresi yang tinggi sangat dipengaruhi oleh komponen-komponen mesin, antara lain ….
a.    Komponen sistem pelumasan dan sistem transmisi
b.    Komponen sistem pelumasan dan sistem transmisi
c.    Komponen sistem kelistrikan dan sistem pelumasan
d.    Komponen sistem kelistrikan, komponen kepala silinder, silinder
e.    Komponen sistem kelistrikan saja

4.    Fungsi kunci kontak adalah ….
a.    Mematikan dan menghidupkan sistem kelistrikan
b.    Indicator sistem kelistrikan
c.    Mematikan dan menghidupkan mesin
d.    Indicator sistem isyarat lampu
e.    Indicator sistem permesinan

5.    Komponen yang berfungsi untuk mengubah tegangan listrik rendah dari generator atau baterai 12 volt (sebagai sumber tegangan) menjadi listrik tegangan tinggi adalah ….
a.    Ignition coil
b.    Generator
c.    Sparkplug (busi)
d.    TSS Unit
e.    CDI unit

6.    Urutan pemeriksaan komponen pengapian tipe AC-CDI jika busi tidak memercikkan bunga api adalah ….
a.    Busi, ignition coil, CDI, ignition switch, pulser, alternator
b.    Busi, ignition coil, CDI, ignition switch, pulser, rectifier
c.    Busi, ignition coil, CDI, rectifier, pulser, alternator
d.    Busi, pulser, ignition coil, CDI, ignition switch, alternator
e.    Busi, pulser, ignition coil, ignition switch, alternator, CDI

7.    Utnuk menjaga kestabilan voltase, perawatan yang harus dilakukan pada aki di antaranya adalah ….
a.    Pengecekan terminal baterai dan air aki secar rutin
b.    Pengecekan terminal baterai dan kotak baterai
c.    Pengecekan terminal baterai dan separator baterai
d.    Pengecekan terminal baterai dan merek baterai
e.    Pengecekan terminal baterai da nisi baterai

8.    Untuk mengurangi kemungkinan karat dan sulfatisasi pada terminal baterai, pada saat memasang baut dan murnya sebaiknya diberikan ….
a.    Stempet pada terminal baterai
b.    Stempet pada separator baterai
c.    Stempet pada sel baterai
d.    Spempet pada kabel positif baterai
e.    Stempet pada kabel negative baterai

9.    Cara paling mudah untuk mengetahui koil pengapian rusak adalah ….
a.    Melepas koil pengapian
b.    Menyentuh koil pengapian
c.    Memeriksa koil pengapian dengan alat ukur
d.    Memeriksa kabel massa koil pengapian
e.    Menyentuh kabel massa koil pengapian

10.    Komponen yang berfungsi menyearahkan tegangan masuk, yaitu tegangan AC yang masuk akan keluar menjadi DC pada CDI, adalah ….
a.    Regulator
b.    Kondensor
c.    Diode
d.    SCR
e.    IC-control

11.    Yang berfungsi sebagai sakelar elektronik dan terdiri dari tiga kai, yaitu anoda untuk arus masuk, katoda untuk arus keluar, dan gate sebagi trigger (pemicu) pada CDI adalah ….
a.    Regulator
b.    Silicon control rectifier (SCR)
c.    IC-control
d.    Kapasitor
e.    Capacitive discharge ignition (CDI)

12.    Masalah yang sering terjadi pada kunci kontak adalah ….
a.    Kotor dan seret
b.    Kotor dan rangkaian tertutup
c.    Korsleting dan tidak terhubung
d.    Anak kunci tidak pas
e.    Korsleting dan rangkaian tertutup

13.    Tujuan dilakukan pengukuran tahanan pada pulser adalah ….
a.    Mengetahui kondisi pulser
b.    Mengetahui tegangan pulser
c.    Mengetahui api pada pulser
d.    Mengetahui rangkaian pada pulser
e.    Mengetahui tahanan pada pulser

14.    Korsleting pada pulser akan menyebabkan ….
a.    CDI terlepas dari dudukannya
b.    CDI tidak mengeluarkan api pada saat didekatkan dengan masa
c.    CDI akan memercikkan api
d.    CDI tidak dapat diukur tahanannya
e.    CDI mengeluarkan api yang berlebihan

15.    Jika motor mendadak mati saat pertama kali dihidupkan dan tidak ada arus listrik (setrum) di busi dank oil, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada komponen ….
a.    SCR
b.    Ignition coil
c.    Busi
d.    Pulser
e.    CDI

B.    Selesaikan soal-soal berikut!

1.    Sebutkan komponen-komponen mesin yang termasuk ke dalam perawatan berkala sistem pengapian sepeda motor!

2.    Jelaskan urutan pemeriksaan sistem pengapian sepeda motor!

3.    Jelaskan cara melakukan perawatan busi yang benar!

4.    Jelaskan cara melakukan penyetelan celah busi yang benar!

5.    Jelaskan perawatan incidental pada sistem pengapian sepeda motor!

6.    Bagaimana cara memeriksa busi masih baik atau lemah?

7.    Mengapa komponen CDI tidak dapat diperbaiki jika rusak?

8.    Bagaimana cara mengetahui CDI masih baik atau sudah rusak?

9.    Jelaskan cara memperbaiki kunci kontak yang tersumbat atau seret?

10.    Factor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya endapan karbon pada busi?

Demikian artikel yang berjudul 25 Soal teori kejuruan Teknik Sepeda Motor (Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor) Kelas XI  Semester Ganjil Beserta Jawabannya. semoga bisa menjadi bahan referensi untuk belajar hususnya untuk para pembaca yang sekarang duduk di smk jurusan teknik sepeda motor.


Terimakasih sudah membaca artikel tentang soal teori kejuruan teknik sepeda motor, jika ada request untuk pembahasan ataupun soal produktif lainnya. silahkan komen di kolom komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel