Senin, 06 April 2020

Soal UAS Produktif TSM (Teknik Sepeda Motor) Mapel Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XII Beserta Jawannya

Hello sobat otomotif, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Soal UAS Produktif TSM (Teknik Sepeda Motor) Mapel Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XII Beserta Jawabannya. Pada jurusan TSM teman-teman akan menghadapi ujian sekolah, ujian nasional dan uji kompetensi keahlian di akhir pembelajaran di sekolah..

Teman-teman yang sekarang berada pada kelas XII SMK, tatkala sering mencari Soal UAS Produktif TSM (Teknik Sepeda Motor) Mapel Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XII Beserta Jawabannya untuk mengukur kemampuan setelah belajar di sekolah.

soal uas produktif tsm mapel pemeliharaan mesin sepeda motor kelas 12

Bapak/ibu guru tatkala akan membuat soal pada ujian tengah semester atau ujian akhir semester butuh referensi dalam membuat soal produktif kejuruan TSM. Salah satu referensinya yaitu mengunjungi blog atau website yang menyajikan kumpulan soal-soal.

Baik langsung saja berikut Soal UAS Produktif TSM (Teknik Sepeda Motor) Mapel Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XII Beserta Jawabannya.

I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c, d,atau e pada jawaban yang paling tepat.!

1. Komponen yang berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar adalah . . .
a. Fuel Pump Module
b. Fuel Feed House
c. Fuel Pressure regulator
d. Fuel Suction Filter
e. Fuel Pressure Gauge

2. Fungsi FISV (Fast Idle Selenoid Valve) adalah . . .
a. Untuk memberikan udara tambahan pada putaran mesin dingin
b. Untuk memberikan udara tambahan pada putaran menengah
c. Untuk mensuplai bahan bakar pada putaran rendah
d. Untuk mensuplai bahan bakar pada putaran stationer pada kondisi mesin dingin.
e. Untuk memberikan udara tambahan pada putaran tinggi

3. Fungsi system pendingin pada suatu kendaraan yang paling tepat adalah . . .
a. Untuk menjaga suhu agar tetap dingin
b. Untuk mendinginkan mesin
c. Untuk menjaga supaya mesin selalu dalam kondisi suhu kerja
d. Untuk menjaga supaya mesin selalu dalam kondisi suhu tinggi
e. Untuk meringankan beban mesin

4. Dibawah ini yang termasuk komponen mesin bagian atas, yang paling tepat adalah . . .
a. Piston, samshaft, rocker arm, crankshaft
b. Pison, camshaft, valve, rocker arm
c. Valve, camshaft, connecting rod, rocker arm
d. connecting rod, rocker arm, piston, crankshaft
e. valve, crankshaft, rocker arm, piston

5. Pada label kode oli mesin menunjukan JASO MB, hal ini menandakan jenis oli untuk motor . . .
a. Sonic
b. Vario
c. CBR 150
d. Supra X 125
e. CRF 250

6. Pada SMH PGMFI apabila MIL Berkedip sebanyak 21, 29, dan 52 maka menunjukkan gangguan pada komponen . . .
a. IAT Sensor, Injector dan Bank Angel Sensor
b. 02 Sensor, Injector dan IACV
c. O2 Sensor, IAT sensor dan CKP sensir
d. O2 Sensor, IACV dan CKP sensor
e. O2 Sensor, CKP sensor dan Bank Angel Sensor

7. Periode Penggantian Oli Gear Pada SMH type Matic adalah . . .
a. 8000 KM
b. 10000 KM
c. 4000 KM
d. 12000 KM
e. 16000 KM

8. Alat bantu apa yang kita gunakan untul melakukan Reset TP sensor . . .
a. SCS connector dan Jumper line
b. SCS connector dan HIDS
c. SCS connector dan DLC
d. HIDS dan Jumper line
e. HIDS dan DLC

9. Komponen yang bekerja mengurangi pasokan udara pada karburator sehingga bahan bakar yang terhisap jadi lebig banyak ketika mesin baru dinyalakan disebut . . .
a. Air Screw
b. Throttle Screw
c. Fuel Pump
d. Main jet
e. Choke

10. Dibawah ini yang tidak termasuk langkah melakukan penyetelan putaran stationer pada SMH PGMFI, kecuali . . .
a. Periksa kedipan MIL yang tersimpan di ECM
b. Periksa Kondisi Busi
c. Periksa Kondisi Saringan Udara
d. Periksa kondisi tekanan ban
e. Periksa kondisi oli

11. Jika ada gangguan fungsi pada sensor EOT dan ECT, gejala yang terjadi pada SMH  adalah . . .
a. Mesin sulit dihidupkan pada suhu rendah
b. Mesin beroperasi normal
c. Cooling fan tidak bekerja
d. Kelistrikan mati
e. Oli mesin kurang bagus

12. Jika tekanan bahan bakar lebih rendah dari spesifikasi, maka tindakan selanjutnya adalah memeriksa . . .
a. Saluran selang bahan bakar
b. Saringan bahan bakar
c. Saringan udara
d. Saringan oli
e. A dan B benar

13. Apabila kondisi rantai mesin terlalu kencang akan mengakibatkan . . .
a. Mesin lebih bertenaga
b. Suara mesin mendengung
c. Bensin lebih irit
d. Getaran mesin lebih halus
e. Bensin menjadi boros

14. Perbandingan antara volume silinder pada saat piston berada di TMB dengan Volume silinder pada saat piston berada di TMA disebut juga . . .
a. Volume piston
b. Cylinder Ratio
c. Compression ratio
d. Volumetric efficiency
e. Gear ratio

15. Pada tipe motor karburator, piston valve atau skep berfungsi untuk . . .
a. memperkaya campuran bahan bakar
b. Membuat ventury
c. Menambah udara pada putaran tinggi
d. Menambah udara saat mesin dingin
e. Menghemat bahan bakar

16. Komponen yang berfungsi untuk menjaga ketegangan rantai mesin adalah
a. Pin guide cam chain
b. Lifter spocket
c. Lifter tensioner
d. Roller
e. Guide cam chain

17. Apabila jaraj kerenggangan klep diatas standar (terlalu rapat), gejala apa yang akan ditimbulkan oleh mesin . . .
a. Bensin terlalu irit
b. Mesin cepat panas
c. Mesin mengeluarkan asap putih pada knalpot
d. Suara mesin menjadi kasar
e. Kebocoran kompresi

18. Gejala yang akan diakibatkan apabila kompresi terlalu rendah adalah  . . .
a. Mesin menjadi dingin (dibawah normal)
b. Suara mesin berisik yang berlebihan
c. Tidak dapat hidup normal dala, keadaan stationer
d. Mesin mengalami panas yang berlebih
e. Mesin menjadi lebih bertenaga

19. Untuk menghentikan putaran outer primary clutch pada kopling karisma sehingga pada saat masuk gigi terasa lebih halus, maka dilengkapi dengan system . . .
a. ADS (Automatic Decompression System)
b. EPBS (External Primary Brake System)
c. SASS (Secondary Air Suplay)
d. EFT (Efisiency & Low Fiction Technology)
e. TPFC ( Transient Power Fuel Control)

20. Besarnya volume silinder sepeda motor yang mempunyai diameter 53,4 mm dan panjang langkah torak 49 mm adalah...
a. 100 cc
b. 110 cc
c. 115 cc
d.  125 cc
e.  135 cc

II. Uraian

1. Tuliskan prosedur pengukuran tekanan bahan bakar . . . .

2. Tuliskan prosedur penghapusan kode kegagalan pada ECM . . . .

3. Hitunglah volume sepeda motor jika diketahui diameter piston 57,3mm dan panjang langkah
57,9 mm . . . .

4. Uraikan cara menyetel katup yang sesuai dengan standar oprasional prosedur . . . .

5. Berapakah standar celah katup in dan ex dari motor berikut ini
a. Vario 150
b. Beat FI
c. Blade 110
d. CB150R

6. Isilah jumlah kedipan pada sensor sistem PGMFI dibawah ini
Sensor                                         Kedipan
Injector
Engine control module
Crankcase Position
Engine Oil Temperature

7. Jika kita menemukan konsumen yang kendala motornya mogok tidak dapat dihidupkan, hal apa saja yang harus kita lakukan sebagai mekanik . . . .

8. Uraikan cara kerja sistem transmisi otomatis (CVT) secara singkat dan jelas. . . .

9. Pada Sepeda motor terdapat dua macam mekanisme katup yakni SOHC dan DOHC. Coba anda jelaskan istilah tersebut dan berikan contoh kendaraan yang menggunakan system SOHC dan DOHC !

10. Tuliskan 5 Fungi dari Oli/Pelumas Pada sepeda Motor !

Demikian artikel yang berjudul Soal UAS Produktif TSM (Teknik Sepeda Motor) Mapel Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XII Beserta Jawabannya. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca yang budiman ini. Salam otomotif.

Terimakasih sudah membaca artikel Soal UAS Produktif TSM (Teknik Sepeda Motor) Mapel Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XII Beserta Jawabannya. Jangan lupa kunjungi artikel-artikel lainnya pada blog ini karena sangat banyak informasi yang mengedukasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel