Rabu, 23 Desember 2020

OPINIKU TENTANG LULUSAN SMA DAN SMK, MANA YANG LEBIH BAIK?

Perlu diketahui oleh orangtua bakat dan minat anak setelah lulus dari SMP apakah akan dilanjutkan di sekolah menengah atas (SMA) atau ke sekolah menengah kejuruan (SMK). Pada artikel ini kami ingin membagikan sedikit opini kami mengenai mana yang lebih baik apakah lulusan SMA atau lulusan SMK.
SMA yaitu sekolah menengah atas dimana terdapat 2 jurusan yaitu jurusan IPA dan IPS. Untuk anak-anak yang memiliki kemampuan eksak dan minat yang tinggi dalam bidang ilmu IPA dan Matematika maka jurusan IPA sangat tepat. Di SMA anak-anak akan belajar seperti di SMP hanya bobot mata pelajaran eksak lebih banyak.

sma atau smk mana yang lebih baik

Pada jurusan SMA IPS juga anak-anak belajar seperti biasa hanya mereka lebih banyak mata pelajaran IPS nya seperti ekonomi, geografi, sejarah. Anak-anak IPS biasanya memiliki ciri lebih pandai bergaul dan bersosialisasi.

Ketika memasuki SMA jurusan IPA atau IPS setelah lulus nanti sebagian besar melanjutkan kuliah pada jurusan yang anak-anak minati seperti kedokteran, arsitek, hukum, akuntan, MIPA dll. Rata-rata lulusan SMA melanjutkan kuliah walaupun tidak dipungkiri ada yang langsung bekerja. Namun kekurangannya pada lulusan SMA mereka tidak memiliki skiil  dalam dunia kerja karena di sekolah tidak diasah untuk persiapan bekerja.

Sedangkan di sekolah menengah kejuruan (SMK), anak-anak memilih satu jurusan yang akan dipelajari secara khusus dalam waktu pembelajaran selama 3 tahun. Di SMK jurusannya sangat banyak ada teknik otomotif, teknik komputer dan jaringan, multimedia, farmasi, perhotelan, administrasi perkantoran, tata boga, tata busana, perbankan, teknik permesinan, dll masih banyak lagi.

Secara umum di SMK mengarahkan dan mempersiapkan lulusannya untuk bekerja sehingga dalam pembelajaran terdapat teori dan juga praktek. Dan yang menjadi ciri khas di SMK bahwa terdapat kegiatan praktek kerja industri, di mana anak-anak belajar langsung pada dunia industri selama kurang lebih 3 bulan untuk beradaptasi pada kondisi dunia kerja.

Lulusan SMK juga biasanya memiliki bekal skill sesuai dengan jurusannya sehingga sangat mungkin untuk bisa berwirausaha secara mandiri selain bekarja di perusahaan atau pabrik. Dan tidak menutup kemungkinan lulusan SMK juga dapat melanjutkan ke perguruan tinggi sesuai dengan jurusannya di SMK ataupun pada jurusan lainnya.

Jadi sebenarnya SMA dan SMK sama-sama baiknya, saran kami jika anda sebagai orangtua yang memiliki penghasilan yang bagus maka persiapkan anak masuk SMA dan melanjutkan ke eprguruan tinggi, itu bekal yang bagus untuk anak-anak anda, Namun jika anda merupakan orangtua yang menegah ke bawah maka pilihan ke SMK lebih baik agar anak bisa belajar dan juga memiliki skill agar mudah mendapatkan pekerjaan.

Namun yang tidak kalah penting kita sebagai orangtua harus melihat potensi anak kita, karena setiap anak itu unik jadi tidak bisa disamakan dengan yang lain. Lihat potensi anak dan dukung dengan memberikan fasilitas yang terbaik maka saya yakin anak anda akan menjadi anak yang berkualitas.

Demikian opini kami tentang SMA dan SMK. Semoga bisa bermanfaat artikel yang saudara-saudara baca ini. Terimakasih sudah membaca artikel kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel