Kamis, 10 Desember 2020

KONSEP 5R (RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN) DAN CONTOHNYA DALAM DUNIA KERJA

Konsep 5R dan Contohnya - Hello sobat SMK pada artikel ini admin akan berbagi indformasi tentang dunia otomotif lebih khususnya tentang Konsep 5R dan contohnya dalam dunia kerja. Penerapan 5R sangat penting di dalam dunia kerja. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.

contoh 5r di tempat kerja

A. Pengertian 5R

5R adalah salah satu element penting dalam mewujudkan ruang (lingkungan) kerja yang nyaman. Jika lingkungan kerja kotor dan peralatan kerja berserakan dan tidak tersusun dengan rapi, maka akan dapat berpengaruh pada efisiensi dan keselamatan kerja. Selain itu, konsumen yang datang tentunya juga akan meragukan kualitas hasil kerja dari bengkel. 

5R (Indonesia) = 5S (Jepang) Ringkas = Seiri Rapi = Seiton Resik = Seiso Rawat = Seiketsu Rajin = Shitsuke 

B. Penjelasan 5R 

1. Ringkas / memilih (Seiri)

 Ringkas adalah kegiatan yang bertujuan untuk memisahkan hal-hal yang diperlukan dari hal-hal yang tidak diperlukan dan membuang hal-hal yang tidak diperlukan tersebut 

2. Rapi (Seiton) 

Merapikan adalah suatu kegiatan untuk menentukan lokasi dan cara untuk menyimpan hal - hal yang diperlukan / dibutuhkan dan menyediakan petunjuk yang akurat untuk memudahkan identifikasi. 

3. Resik / Membersihkan (Seisou) 

Resik adalah aktivitas membersihkan ruang kerja, peralatan kerja dan fasilitas kerja dari debu dan kotoran. Pada waktu yang bersamaan, melakukan pemeriksaan terhadap fungsi dari peralatan dan fasilitas kerja. 

4. Rawat (Seiketsu) 

Rawat adalah suatu kegiatan untuk terus melakukan tindakan ringkas, rapi, resik dari semua orang (personil) di bengkel Ahass.

5. Rajin (Shitsuke) 

Kegiatan / tindakan yang rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keteraturan, dan selalu mematuhi peraturan - peraturan serta metode – metode kerja yang berlaku. 

C. Penerapan dan Contoh 5R di Tempat Kerja

1. Proses Pemilahan (Seiri) 

Adalah suatu proses penentuan suatu peralatan atau suku cadang di bengkel apakah termasuk ke dalam kategori bermanfaat atau tidak. Buanglah barang-barang yang tidak diperlukan tanpa berpikir bahwa barang tersebut suatu saat nanti akan berguna. Simpan barang-barang yang diperlukan dalam wadah penyimpanan yang cocok seperti laci dsb. 

2. Proses Merapikan (Seiton) 

Adalah suatu proses penyusunan dan penyimpanan barang-barang secara terorganisasi dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan kemudahan kerja. Pastikan untuk mengembalikan barang-barang yang sudah dipakai ke tempat semula. Hal ini dapat mempermudah mekanik untuk menemukan dan menggunakan barang-barang tersebut. 

3. Proses Membersihkan (Seisou) 

Bersihkan peralatan, perlengkapan, ruang kerja, dan item lainnya dalam sehingga tidak ada debu atau minyak pada mereka. Secara khusus dan secara berkala membersihkan lantai dengan bahan/agen pembersih untuk mencegah kejadian tergelincir saat sedang dipergunakan. Selain itu, membersihkan peralatan, perlengkapan dan fasilitas kerja memungkinkan teknisi untuk mengidentifikasi permasalahan sejak awal. 

D. Dampak Positif Penerapan 5R 

1. Efisiensi kerja meningkat 

2. Meningkatkan keselamatan kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan

Demikianlah artikel tentang KONSEP 5R DAN CONTOHNYA DALAM DUNIA KERJA. Semoga bisa menambah wawasan bagi para pengunjung blog kami ini. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami ini. Jangan lupa baca juga artikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel