Minggu, 14 Maret 2021

KISI-KISI SOAL TES CPNS 2021 LENGKAP DENGAN PANDUAN TEKNIS CAT CPNS

Kisi-kisi Soal Cpns 2021 Pdf - Hello kawan-kawan semua pejuang calon pegawai negeri sipil. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang kisi-kisi soal tes cpns 2021 dan lengkap dengan panduan teknis cat cpns, so kawan-kawan yang sekarang baru akan ikutan tes cpns di tahun 2021 bisa pelajari terlebih dahulu teknisnya pada artikel ini.

kisi-kisi soal tes cpns 2021

Tes CPNS aetiap tahunnya dibuka sehingga kawan-kawan bisa mempersiapkan secara matang dengan melihat dari kisi-kisi yang diberikan oleh Kementerian PANRB atau PANSELNAS. Artikel ini akan selalu kami update apabila sudah ada info resmi tentang kisi-kisi soal tes cpns 2021.
Namun setiap tahun tidak jauh berbeda kisi-kisi soal tes cpns yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan, tes karakteristik pribadi dan tes intelegensia umum. Dengan nilai passing grade TKP 126, TIU 80 dan TWK 65.

PRINSIP PELAKSANAAN SELEKSI CAT CPNS 2021

Pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil dilakukan berdasakan prinsip:
1. Kompetitif, artinya semua pelamar dapat bersaing secara sehat dan penentuan hasil seleksi didasarkan pada passing grade yang telah ditetapkan dan atau nilai tertinggi dari peserta.

2. Adil, artinya proses pelaksanaan seleksi tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, dan tidak ada pilih kasih.

3. Objektif, artinya proses pendaftaran, seleksi dan penentuan kelulusan didasarkan pada persyaratan dan hasil tes sesuai keadaan yang sebenarnya.

4. Transparan, artinya proses pelamaran, epndaftaran, pelaksanaan tes, pengolahan hasil tes serta pengumuman hasil kelulusan dilaksanakan secqra terbuka.

5. Bersih dari praktik KKN, artinya seluruh proses seleksi calon pegawai negeri sipil harus terhindar dari unsur korupsi, kolusi, dan nepotisme.

6. Tidak dipungut biaya, artinya pelamar tidak dibebankan biaya apapun dalam proses seleksi calon pegawai negeri sipil meliputi pengumuman, pelamaran, penyaringan, pemberkasan, dan pengangkatan calon pegawai negeri sipil sampai dengan pengangkatan menjadi PNS.

TUJUAN PELAKSANAAN SELEKSI CAT CPNS 2021

1. Memperoleh calon pegawai negeri sipil yang profesional, jujur, bertanggung jawab, netral, yakni calon pegawai negeri sipil yang memiliki karakteristik pribadi selaku penyelenggara pelayanan publik, mampu berperan sebagai perekat NKRI, memiliki intelegensia yang tinggi untuk pengembangan kapasitas dan kinerja organisasi dan memiliki keterampilan, keahlian, dan perilaku sesuai dengan tuntutan jabatan.

2. Mewujudkan sistem seleksi calon pegawai negeri sipil yang kompetitif, adil, objektif, transparan, tidak dipungut biaya, bersih dari praktik korupsi, dan nepotisme serta bebas dari intervensi politik

3. Memperoleh putra/putri terbaik bangsa sebagai calon pegawai negeri sipil.

PERSIAPAN PELAKSANAAN SELEKSI CAT CPNS 2021

1. Pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil secara nasional dilakukan oleh panitia seleksi nasional (PANSELAS), dibawah koordinasi kementerian PANRB yang secara teknis dilakukan oelh Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana.

2. Setiap instansi membentuk panitia pelaksana seleksi calon pegawai negeri sipil instansi yang ditetapkan oleh pejabat pembina kepegawaian.

3. Setiap instansi harus membentuk call center dalam ranghka melayani dan memberikan penjelasan atas pertanyaan dari pelamar.

4. Dalam rangka efisiensi dan efektivitas pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil di lingkungan instansi daerah dikoordinasikan oleh gubernur selaku wakil pemerintah di daerah.

5. Meteri PANRB menetapkan nilai ambang batas (passing grade) seleksi kompetensi calon pegawai negeri sipil.

KISI-KISI MATERI SOAL TES CPNS 2021

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi kompetensi dasar terdiri dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi.

a. Tes Wawasan Kebangsaan

Tes wawasan kebangsaan bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan indonesia yang meliputi pancasila, Undang-undang dasar 1945, bhineka tunggal ika, dan negara kesatuan republik indonesia.

b. Tes Intelegensia Umum

Tes intelegensia Umum ini menilai:
1. Kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis.

2. Kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

3. Kemampuan berpikir logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.

4. Kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

c. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes karakteristik pribadi bertujuan untuk menilai:
1. Integritas diri

2. Semangat berprestasi

3. Kreativitas dan inovasi

4. Orientasi pada pelayanan

5. Orientasi pada orang lain

6. Kemampuan beradaptasi

7. Kemampuan mengendalikan diri

8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas

9. Kemauan dan Kemampuan belajar berkelanjutan

10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok

11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

a. Materi seleksi kompetensi bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional. Adapun materi seleksi jabatan pelaksana ditetapkan oelh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana yang dimaksud.

b. Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana belum siap menyusun materi, maka penyusunannya dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian yang bersangkutan.

c. Materi selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara.

Selain kisi-kisi cpns 2021 pdf, Anda juga bisa mendownload soal cpns 2021 di sini, download soal cpns 2021 pdf. Dan untuk mengukur kesiapan kawan-kawan dalam mempersiapkan tes cpns 2021, silahkan bisa lihat artikel ini latihan soal cpns 2021 pdf.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2021 yang nantinya setelah ada informasi resmi dari BKN akan kami update. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kawan-kawan semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel