Selasa, 08 Desember 2020

CARA MENGUKUR KOMPRESI SEPEDA MOTOR DENGAN BAIK DAN BENAR SESUAI SOP

Cara Mengukur Kompresi – Hallo sobat SMK Selamat datng di blog duniasmk70.blogspot.com, pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai seputar dunai otomotif sepeda motor. Di dalam sepeda motor dengan mesin 4 tak artinya mempunyai 4 langkah gerakan piston dalam 1 siklus, salah satunya yaitu langkah kompresi. Untuk mengetahui kompresi sepeda motor dalam kondisi yang baik maka harus diukur menggunakan alat ukur yaitu compression gauge.

cara menggunakan compression gauge

Mungkin teman-teman SMK yang sekarang masuk jurusan TSM wajib bisa mengukur dengan alat ukur yang sesuai SOP. Pada artikel ini akan dijelaskan step by step bagaimana cara mengukur kompresi dengan menggunakan alat ukur yang sesuai SOP. Berikut cara mengukur kompresi sepeda motor.

Alat dan Bahan

1. Alat kompresi (Compression gauge)

2. Kunci busi (Satu set kotak alat)

3. Sepeda Motor dalam kondisi prima

Keselamatan Kerja

1. Selama penukuran, pastikan kabel tegangan tinggi dari koil oengapian selalu terhubung dengan massa (ground_ agar tegangan tidak mengalir ke tubuh kita.

2. Jangan mengangkat alat kompresi meter dari lubang busi sebelum motor berhenti berputar karena kotoran dapat berhembus ke muka kita akibat tekanan kompresi.

3. Hindari tumpahan bensin saat bekerja.

Langkah Kerja

1. Panaskan motor sampai mesin mencapai suhu kerja (kurang lebih 80 derajat celcius)

2. Matika Motor.

3. Lepaskan Kabel-kabel busi (tempatkan sesuai nomor silinder jika lebih dari datu)

4. Lepaskan kabel tegangan tinggi dan hubungkan dengan massa (gunakan penjepit agar tidak terlepas waktu motor distarter)

5. Lepaskan busi dan masukkan ujung kompresi meter ke lubang busi.

6. Injaklah kick starter berulang-ulang sampai jarum kompresi meter menunjuk angka paling tinggi. Tekanan kompresi normal untuk mesin bensin adalah 9,65 – 15,2 bar.

7. Jika ingin mengukur silinder yang lain, maka tekanan yang ada pada kompresi meter harus dibuang terlebih dahulu.

8. Rapikan kembali peralatan, bahan, dan ruang praktik setelah kegiatan selesai.

Demikianlah artikel tentang Cara mengukur kompresi mesin sepeda motor 4 tak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pengunjung blog kami. Terimkasih sudah menyempatkan waktu berkunjung di blog kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel