Hello sobat semua, pada kkesempatan kali ini admin akan berbagi artikel tentang SOAL UAS PRODUKTIF TSM KELAS 11 MAPEL PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR SEMESTER GENAP BESERTA KUNCI JAWABANNYA. Pada jurusan TBSM Kelas XI, adik-adik akan mempelajari mata pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor.
Untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan ujian akhir semester dan juga memudahkan bapak/ibu guru dalam membuat soal UAS maka admin harapkan artikel ini bisa menjadi referensi. Berikut kami sajikan artikel SOAL UAS PRODUKTIF TSM KELAS 11 MAPEL PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR SEMESTER GENAP BESERTA KUNCI JAWABANNYA.
1. Pelek sepeda motor adalah bagian motor yang sangat penting karena kendaraan tidak dapat berjalan jika bagian ini tidak ada. Berikut yang bukan fungsi pelek adalah ….
a. Dudukan spake / jari-jari
b. Dudukan ban luar
c. Dudukan ban dalam
d. Untuk mengejar performa motor
e. Menjaga kestabilan laju kendaraan
2. Pelek merupakan salah satu komponen roda yang di bagian tepinya dipasangkan ban, sedangkan bagian tengahnya sebagai tumpuan poros roda yang biasa disebut tromol. Pada bidang otomotif, pelek biasa dikenal dengan berbagai nama. Berikut yang bukan istilah atau nama lain pelek adalah ….
a. Rim
b. Velg
c. Spoke
d. Peleng
e. Motocycle wheel
3. Proses pelat logam yang berbentuk persegi panjang dilengkungkan untuk menghasilkan silinder dua lengan dengan tepi batas lengan dilas bersamaan sehingga membentuk lingkaran roda. Deskripsi tersebut merupakan proses pembuatan pelek dari bahan ….
a. Baja
b. Alloy
c. Besi paduan
d. Aluminium paduan
e. Campuran aluminium
4. Dalam proses pembuatannya, pelek diproduksi untuk menghasilkan produk yang ….
a. Ringan
b. Stylish
c. Seimbang
d. Mengejar performa motor
e. Berputar lancar pada berbagai kecepatan
5. Pembuat pelek menggunakan berbagai metode. Salah satu metode yang dapat menghasilkan produk dengan keunggulan dapat mengurangi berat serta desain lebih dinamis adalah ….
a. Press
b. Stamping
c. Metode pahat
d. Metode forging
e. Menggunakan mesin CNC
6. Untuk menghindari karat pada pelek berbahan besi, akan dilakukan perlakuan ….
a. Dilapisi dengan cat
b. Dilapisi dengan krom
c. Dilakukan proses stamping
d. Diberikan paduan aluminium
e. Diberikan perlakuan khusus tampering
7. Suatu pelek mempunyai keunggulan, yaitu mampu menahan beban lebih baik, lebih aman jika digunakan pada jalan yang banyak lubang, dapat meminimalkan getaran pada mesin dan roda, serta cocok untuk sepeda motor jenis motocross atau enduro. Hal tersebut merupakan keunggulan dari pelek dengan bahan ….
a. Besi
b. Baja
c. Alloy
d. Aluminium
e. Campuran aluminium
8. Suatu pelek mempunyai bobot yang lebih berat dibanding pelek dari bahan lain, cenderung kurang stabil jika melakukan hard braking, sering kali terkena karat jika tidak dilakukan perawatan dengan teratur, serta tidak cocok untuk sepeda motor yang menggunakan ban jenis tubeless. Ciri-ciri tersebut merupakan kekurangan dari pelek yang terbuat dari bahan ….
a. Besi
b. Baja
c. Alloy
d. Aluminium
e. Bahan campuran besi tuang
9. Suatu pelek memiliki bobot yang lebih ringan, sering diaplikasikan pada sepeda motor untuk drag race atau road race, serta lebih tahan dari bahaya korosi atau karat merupakan salah satu keunggulan dari pelek dengan bahan pembuat dari ….
a. Besi
b. Baja
c. Alloy
d. Aluminium
e. Bahan campuran besi tuang
10. Pelek mempunyai ciri-ciri, yaitu menggunakan jari-jari atau ruji, bobot yang lebih ringan, harga lebih murah, dan dapat disetel ulang. Pelek yang memilki ciri-ciri tersebut adalah ….
a. Cast wheel (CW)
b. Pelek bintang
c. Spoke wheel
d. U shape rim
e. Iron wheel
11. Pelek ini memilki ciri berbentuk setengah lingkaran mirip dengan huruf U. Kelebihannya, yaitu memilki bobot yang paling ringan karena terbuat dari bahan aluminium. Namun, pelek ini memiliki kekurangan, yaitu pada kekuatannya. Jika terkena benturan keras, akan berpotensi bengkok bahkan patah. Pelek ini dapat dipakai untuk sepeda motor jenis balap drag race. Pelek yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah ….
a. Cast wheel (CN)
b. Pelek bintang
c. Spoke wheel
d. U shape rim
e. Iron wheel
12. Pelek yang cocok digunakan pada sepeda motor, mobil-mobil kecil, mesin pertanian, dan kendaraan industri seperti forklift adalah ….
a. Flat base (FB)
b. Divide type (D.T)
c. Drop center (D.C)
d. Semi-drop center (S.D.C)
e. Wide drop center (W.D.C)
13. Di indonesia, spesifikasi pelek sudah diatur dalam SNI dengan nomor ….
a. 0101 : 2012
b. 1811 : 2007
c. 4658 : 2008
d. 6241 : 2015
e. 6700 : 2012
14. Perhatikan gambar berikut.
Gambar tersebut merupakan pelek dengan tipe ….
a. Divide type (D.T)
b. Drop center (D.C)
c. MT
d. WM
e. LF
15. Perhatikan gambar berikut.
Berdasarkan gambar tersebut, bagian yang ditunjukkan oleh huruf X adalah ….
a. Keliling permukaan lingkaran pelek bagian dalam yang merupakan tempat duduk ban luar
b. Penampang pelek yang merupakan tempat duduk ban luar
c. Komponen pengunci ban agar terikat rata dan tidak lepas
d. Ukuran diameter pelek
e. Lebar ukuran pelek
16. Sebuah pelek mempunyai kode tertulis J 17 x 1.8 DOT. Angka 1.8 menunjukkan ….
a. Ukuran ring
b. Jenis flens
c. Ukuran lebar pelek dalam satuan inci
d. Ukuran diameter pelek dalam satuan inci
e. Pelek menggunakan standar Department of Transportation (DOT)
17. Kekencangan jari-jari akan berubah seiring waktu penggunaan. Adanya benturan dan gerak putar roda mengakibatkan jari-jari sering kendur. Sesuai standar, pengecekan kekencangan jari-jari dilakukan meinimal tiap ….
a. 3 bulan
b. 4 bulan
c. 5 bulan
d. 6 bulan
e. Jika ada kerusakan saja
18. Pengukur lebar pelek dilakukan dari lengkungan pertama pelek bagian dalam bukan dari bibir luarnya. Perbedaan hasil pengukuran dengan hasil perhitungan menggunakan kode yang ada di pelek disebabkan karena produsen pelek memberikan toleransi ukuran. Namun, perbedaan ukuran biasanya tidak terlalu jauh. Alat yang digunakan untuk proses pengukuran tersebut adalah ….
a. Jangka sorong
b. Mikrometer
c. Bore gauge
d. Dial gauge
e. Mistar
19. Saat mengendarai sepeda motor ban sering kempis. Analisis kerusakan ini terjadi karena pelek ….
a. Tidak sesuai dengan standar
b. Mengalami keretakan
c. Bengkok
d. Sobek
e. Pecah
20. Kerusakan pada pelek akan menjadikan ban cepat aus dan tidak rata. Kerusakan pada pelek dapat diakibatkan beberapa faktor. Faktor yang sangat memengaruhi kerusakan pelek adalah ….
a. Kesalahan pemilihan jenis pelek
b. Teknik pengendaraan
c. Beban berlebih
d. Kuaitas pelek
e. Perawatan
21. Perhatikan gambar berikut.
Fungsi dari komponen yang ditunjukkan oleh huruf X pada gambar tersebut adalah ….
a. Mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh gesekan dengan pelek
b. Melindungi carcass dari gesekan permukaan jalan
c. Menyerap getaran dari permukaan jalan
d. Memperkuat carcass agar ban kuat
e. Menjaga tekanan ban
22. Komponen pada ban berupa lilitan yang membentuk sebuah struktur ban, berfungsi menjaga tekanan ban, dan pada ban sepeda motor kebanyakan terbuat dari lilitan nilon. Komponen ini disebut ….
a. Belt
b. Tread
c. Bead
d. Carcass
e. Breaker
23. Pola pada ban ini berbentuk garis horizontal, dengan daya cengkeram yang sangat baik di kondisi jalan yang rusak. Namun, mempunyai kelemahan, yaitu mudah slip dan cepat aus. Uraian tersebut merupakan pola tapak ban jenis ….
a. Ribbed pattern
b. Block pattern
c. Lug pattern
d. Breaker
e. Belt
24. Sebuah ban memiliki kode 100/90 – 18 – 56 P. Huruf P menunjukkan ….
a. Lebar ban
b. Aspek garis
c. Kode beban maksimum
d. Kode batas kecepatan
e. Garis tengah lingkaran dalam ban
25. Untuk dapat mengetahui jika ban telah mengalami keausan yang berlebihan atau ban sudah melebihi batas keausan, pada beberapa ban umumnya terdapat tanda indikator ….
a. Tread
b. Lug pattern
c. Block pattern
d. Ribbed pattern
e. Tread wear indicator (TWI)
26. Perawatan ban dilakukan untuk menjaga agar ban dalam kondisi prima dan siap digunakan. Berikut yang bukan termasuk perawatan ban adalah ….
a. Memeriksa secara rutin tekanan udara ban
b. Menggunakan sepeda motor dengan baik
c. Memeriksa secara rutin pentil ban (cube)
d. Memeriksa jenis pola tapak ban
e. Membersihkan ban secara rutin
27. Saat dikendarai, sepeda motor terasa tidak nyaman dan setang kemudi bergetar jika terkena sedikit gundukkan atau jalan yang tidak rata. Hal ini disebabkan oleh ….
a. Tekanan ban terlalu tinggi dari spesifikasi
b. Handling ban sulit dikontrol
c. Pelek tidak sesuai spesifikasi
d. Ban goyang
e. Pelek retak
28. Penyebab kerusakan ban pada umumnya disebabkan tekanan udara yang tidak sesuai spesifikasi. Selain itu, juga dapat disebabkan suspensi yang tidak bekerja dengan baik. Jenis kerusakan pada ban ini termasuk dalam kategori ….
a. Spot wear
b. Cut burst
c. Irregular wear
d. Tread chipping
e. Tread cut penetration
29. Kerusakan ban dikarenakan sepeda motor melindas benda tajam sehingga ban berlubang dan menyebabkan udara dalam ban menjadi keluar. Kerusakan ini termasuk dalam kategori ….
a. Spot wear
b. Cut burst
c. Irregular wear
d. Tread chipping
e. Tread cut penetration
30. Penggunaan teknik tambal ban tubeless yang lebih dianjurkan karena tidak mengganggu kekuatan struktur benang di dalam ban adalah menggunakan teknik ….
a. Spring
b. Tiptop
c. Spot wear
d. Irregular wear
e. Tread cut penetration
31. Jelaskan prosedur perawatan pelek dari kotoran sesuai standar SOP!
32. Jelaskan prosedur perbaikan untuk pelek yang mengalami bengkok!
33. Jelaskan prosedur penyetelan pelek model jari-jari!
34. Jelaskan kerusakan yang akan terjadi jika tekanan udara pada ban terlalu rendah!
35. Jelaskan prosedur pemeriksaan secara rutin tekanan udara ban!
36. Jelaskan analisis penyebab dari handling ban sulit dikontrol!
37. Jelaskan kerusakan ban yang masuk dalam kategori tread chipping!
38. Jelaskan urutan bongkar pasang ban sepeda motor secara konvensional!
39. Jelaskan prosedur bongkar pasang ban sepeda motor menggunakan alat tire changer sesuai SOP!
40. Jelaskan prosedur perbaikan (tambal) ban jenis tubeless dan tube type sesuai SOP!
Demikian artikel yang berjudul SOAL UAS PRODUKTIF TSM KELAS 11 MAPEL PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR SEMESTER GENAP BESERTA KUNCI JAWABANNYA. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa baca juga artikel lainnya pada blog ini.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar