Soal Produktif Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor Kelas XI Semester Ganjil Bab Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Sepeda Motor - Hello teman-teman, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Soal Produktif Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor Kelas XI Semester Ganjil Bab Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Sepeda Motor. Pada kelas XI di jurusan TSM teman-teman akan belajar tentang materi gambar teknik otomotif.
Teman-teman yang sekarang berada pada kelas XI SMK, tatkala sering mencari Soal Produktif Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor Kelas XI Semester Ganjil Bab Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Sepeda Motor untuk mengukur kemampuan setelah belajar di sekolah.
Bapak/ibu guru tatkala akan membuat soal pada ujian tengah semester atau ujian akhir semester butuh referensi dalam membuat Soal Produktif Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor Kelas XI Semester Ganjil Bab Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Sepeda Motor. Salah satu referensinya yaitu mengunjungi blog atau website yang menyajikan kumpulan soal-soal.
Baik langsung saja berikut Soal Produktif Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor Kelas XI Semester Ganjil Bab Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Sepeda Motor.
1. Komponen-komponen sepeda motor yang dilalui sistem pelumasan adalah ….
a. Piston, ring piston, silinder, pompa oli, transmisi, kopling
b. Piston, ring piston, silinder, pompa bensin, transmisi, kopling
c. Piston, ring piston, silinder, pompa oli, transmisi, kopling kering
d. Piston, ring piston, silinder, pompa oli, transmisi, kopling
e. Piston, ring piston, gear sprocket, pompa oli, transmisi, kopling
2. Tujuan pelumasan dalam sepeda motor adalah ….
a. Mencegah keausan dan membentuk lapisan dalam mesin
b. Mencegah keausan dan kerusakan komponen mesin, memperlambat keausan
c. Mencegah keausan dan membentuk lapisan film dalam mesin
d. Mencegah keausan dan membentuk karbon dalam mesin
e. Mencegah keausan dan membentuk kerak dalam mesin
3. Kekentalan oli mesin sepeda motor ditandai dengan kode ….
a. SOI (Society Automotive Indonesian)
b. SOE (Society Oli Engineers)
c. SAE (The Society of Automotive Engi-neers)
d. TAE (The society of Automotive Engi-neers)
e. SEA (The Society Engineer of Auto-motive)
4. Salah satu penyebab dari tinggi permukaan oli yang tidak normal adalah ….
a. Sil (valve guide) aus
b. Kebocoran oli di sebelah luar
c. Pompa oli aus atau rusak
d. Oli jarang diganti
e. Drive sprocket pompa oli patah
5. Komponen sistem pelumasan yang berfungsi menampung oli sebelum digunakan adalah ….
a. Panic oli
b. Klep by-pass
c. Pompa oli
d. Dipstick
e. Pendingin oli
6. Fungsi pompa oli mesin sepeda motor adalah ….
a. Menyuplai oli pelumasan ke transmisi mesin sepeda motor
b. Menyuplai pendinginan ke kopling mesin sepeda motor
c. Menyuplai air ke sistem pendinginan mesin sepeda motor
d. Menyuplai oli ke ruang bakar sepeda motor
e. Menyuplai oli mesin ke seluruh komponen sistem pelumasan
7. Pemeriksaan yang dilakukan pada oli mesin adalah ….
a. Volume dan kualitas oli mesin
b. Volume dan kuantitas oli mesin
c. Volume dan kekentalan oli mesin
d. Volume dan warna oli mesin
e. Volume dan keenceran oli mesin
8. Gambar di bawah ini adalah komponen sistem pelumasan, yaitu ….
a. Panic oli
b. Tutup saringan oli
c. Saringan oli
d. Batang pemeriksa
e. Klep by-pass
9. Digunakan untuk melepaskan debu, kotoran, karbon, dan partikel lain di luar bahan oli serta menjaga kebersihan elemen adalah fungsi komponen ….
a. Panic oli
b. Tutup saringan oli
c. Klep by-pass
d. Batng pemeriksa
e. Saringan oli
10. Jika saringan diblok atau tertutup kotoran (tersumbat) sehingga oli tidak dapat mengalir dan melumasi bagian-bagian mesin, maka digunakan komponen ….
a. Panic oli
b. Tutup saringan oli
c. Saringan oli
d. Batang pemeriksa
e. Klep by-pass
11. Sistem pelumasan campur diaplikasikan pada ….
a. Sepeda motor 2 tak
b. Sepeda motor 4 tak
c. Sepeda motor bensin
d. Sepeda motor diesel
e. Sepeda motor listrik
12. Sisa pembakaran (seperti H2O yang mengembun) masuk ke dalam bak oli dan bereaksi akhirnya menghasilkan lumpur yang merusak kualitas oli. Karbon yang tidak terbakar akan bercampur dengan oli dan mengendap menjadi ….
a. Karbon
b. Kerak
c. Kotoran
d. Gas karbon
e. Oli kotor
13. Komponen-komponen sepeda motor yang memerlukan pelumasan oli mesin adalah ….
a. Bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, float
b. Bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, tappet
c. Bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, permukaan float chamber
d. Bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, permukaan dalam silinder
e. Bearing, piston bagian luar, alur ring piston, ring piston, float chamber
14. Pekerjaan yang dilakukan pada gambar di bawah ini adalah ….
a. Pemeriksaan dan perawatan saringan udara yang kotor
b. Pemeriksaan dan perawatan saringan oli yang kotor
c. Pemeriksaan dan perawatan pompa oli yang kotor
d. Pemeriksaan dan perawatan pendingin oli yang kotor
e. Pemeriksaan dan perawatan sistem klep by-pass yang kotor
15. Cara melakukan pembersihan kerak oli di bak oli adalah ….
a. Dikerok dengan kawat bersih lalu digosok dengan ampelas kasar
b. Dikerok dengan kawat besi sampai kerak hilang
c. Dikerok dengan kawat besi kemudian dilap dengan oli baru
d. Dikerok dengan sikat baja kemudian dilap sampai bersih
e. Dikerok dengan sikat halus sampai kerak hilang lalu dibersihkan dengan minyak tanah atau bensin dan dilap sampai bersih
1. Sebutkan komponen mesin yang termasuk perawatan berkala sistem pelumasan sepeda motor!
2. Jelaskan urutan pemeriksaan sistem pelumasan sepeda motor!
3. Jelaskan cara perawatan saringan oli yang benar!
4. Jelaskan cara melakukan penggantian oli yang benar!
5. Jelaskan perawatan incidental pada sistem pelumasan sepeda motor!
6. Mengapa oli mesin harus diganti secara rutin?
7. Bagaimana cara melakukan perawatan bak oli yang terdapat kerak atau karbon?
8. Sebutkan akibat yang terjadi jika busi mati dan tidak dilakukan perawatan berkala?
9. Sebutkan kerusakan yang dapat terjadi pada sistem pelumasan sepeda motor!
10. Sebutkan masalah yang dapat terjadi pada klep by-pass sistem pelumasan?
Demikian artikel yang berjudul Soal Produktif Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor Kelas XI Semester Ganjil Bab Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Sepeda Motor. Semoga dapat bermanfaat untuk semua pembaca dan juga sebagai referensi untuk bapak/ibu guru sekalian.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar