Soal Produktif
Soal Produktif Teori Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas XI Mapel Front Office 2019/2020 - Blog ini menyajikan soal-soal produktif SMK dari soal UTS, UAS, UKK, UN, dan Ujikom. Soal yang disajikan tentunya terupdate dan dari berbagai jurusan yang ada pada sekolah menengah kejuruan.Heloo sobat semua, kali ini admin akan membagikan Soal Produktif Teori Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas XI Mapel Front Office 2019/2020. Akomodasi perhotelan adalah salah satu jurusan yang ada di SMK.
Soal Produktif Teori Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas XI Mapel Front Office 2019/2020 ini dibuat berdasarkan kisi-kisi materi yang ada di kelas XI. Soal ini dibuat supaya mempermudah bapak/ibu guru dalam menyusun dan membuat soal ketika UTS ataupun UAS. Untuk siswa-siswi juga bisa menjadi bahan untuk mengukur kemampuan sejauh mana memahami materi yang diterima di sekolah.
Berikut langsung saja Soal Produktif Teori Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas XI Mapel Front Office 2019/2020 disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dan juga essay.
Soal Produktif Akomodasi Perhotelan
A. Pilihlah jawaban A, B, C, D, E yang paling benar.1. Istilah lain dari Front Office adalah .....
a. Kantor utama
b. Kantor depan
c. Pos keamanan
d. Kantor pemasaran
e. Kantor pos
2. Meningkatkan tingkat hunian kamar merupakan .....
a. Tujuan dari front office
b. Tujuan seorang chef
c. Tujuan semua departemen
d. Tujuan hidup
e. Tujuan tamu ke hotel
3. Menjual kamar, memberikan informasi produk hotel, merupakan fungsi dari .....
a. Accounting department
b. Front office department
c. Concierge section
d. Food and beverage department
e. Security department
4. Salah satu bagian dari front office department adalah .....
a. Waiter
b. Waitress
c. Houseman
d. Florist
e. Concierge
5. Tugas utama dari receptionist adalah .....
a. Menjual makanan
b. Menjual kamar
c. Menjual tiket kolam renang
d. Menjual baju hotel
e. Menjual dapur
6. Bagian yang melaksanakan kegiatan yang menyangkut atas pemesanan kamar adalah .....
a. Reservation
b. Concierge
c. Duty manager
d. Bellboy
e. Front office manager
7. Front office cashier bertugas melayani ...
a. Tamu datang
b. Pembayaran rekening tamu ci / co
c. Pembayaran bpjs
d. WIG
e. WOG
8. Walk in guest merupakan sebutan untuk
a. Tamu rombongan
b. Tamu penting hotel
c. Tamu tak diundang kaya kamu
d. Tamu yang sudah booking kamar
e. Tamu yang check in datang langsung
9. Pimpinan tertinggi dalam struktur organisasi front office department adalah
a. Chief
b. Front office manager
c. Executive lounge assistant
d. Chef
e. Front desk supervisor
10. Salah satu tugas pokok dan tanggung jawab dari front office manager adalah
a. Memberhentikan karyawan
b. Melatih peralatan makan & minum
c. Melapor kepada house keeper
d. Memberikan hak karyawan
e. Mengevaluasi karyawan front office
11. Petugas yang membawakan barang bawaan tamu dari front desk sampai dengan mengantar tamu ke kamar adalah
a. Bad boy
b. Hell boy
c. Bell boy
d. Gardener
e. Room service
12. Petugas yang menyambut tamu dengan membukakan pintu kendaraan atau pintu lobby hotel adalah .....
a. Door man
b. Door knob
c. Bell captain
d. Open the door
e. Door door run
13. Rak untuk menyimpan tagihan tamu disebut .....
a. Bill boy
b. Bill rack
c. Bill tray
d. Bill clinton
e. Room rack
14. Safe deposit box adalah .....
a. Tempat menyimpan helm FOM
b. Kotak amal di front desk
c. Tempat menyimpan tagihan tamu
d. Kotak berisi data tamu
e. Tempat menyimpan barang berharga milik tamu
15. Kotak untuk memasukkan kunci kamar tamu yang dititipkan di reception disebut
a. PABX box
b. Signal box
c. Key drop box
d. Account drop box
e. Safe deposit box
16. PABX singkatan dari .....
a. Private automatic branch exchange
b. Private automatic build exchange
c. Private and box explore
d. Private announce branch explore
e. Private auto branch explore
17. Status kamar dengan tanda “XX” adalah
a. Kamar rusak dan tidak dapat digunakan
b. Kamar dibatalkan oleh pemesan
c. Kamar yang digunakan oleh GM
d. Kamar yang di sewa tamu untuk bulan madu
e. Pemesanan kamar untuk 2 hari ke depan
18. Pada saat menerima panggilan telepon, hal yang harus dihindari petugas reception adalah .....
a. Mengucapkan kata hallo
b. Greeting
c. Mendengarkan dengan seksama
d. Berbicara dengan lembut
e. Berbicara dengan sopan
19. Pintu penghubung antar kamar satu dengan kamar sebelah disebut .....
a. Pintu doraemon
b. Corseleting door
c. Open the door
d. Connecting door
e. First door
20. Yang dimaksud tax & service adalah .....
a. Pajak pemerintah dan service
b. Pajak bumi dan bangunan dan service
c. Pajak ulang tahun
d. Pajak pemakaian kamar
e. Pajak hotel
B. Jawab pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar.
1. Uraikan secara singkat fungsi kantor depan (front office).
2. Uraikanlah yang kalian ketahui tentang “House Use”
3. Uraikan secara singkat dari istilah hotel “Well Groomed”.
4. Uraikanlah yang kalian ketahui dari “Walk In Guest”.
5. Tuliskan peralatan operasional yang digunakan / berada di front desk.
6. Tuliskan bagian – bagian yang ada pada front office department.
7. Uraikan secara singkat arti dan singkatan dari VIP.
8. Uraikan salah satu bentuk kerjasama antar department antara front office department dengan
house keeping department.
9. Uraikan secara singkat tentang “Extand Stay”.
10. Tuliskanlah faktor – faktor yang mengurangi tingkat hunian kamardalam sebuah hotel.
Demikian artikel yang berjudul Soal Produktif Teori Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas XI Mapel Front Office 2019/2020. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Terimakasih sudah membaca artikel Soal Produktif Teori Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas XI Mapel Front Office 2019/2020. Jika ada request pembahasan soal produktif lainnya silahkan komen pada kolom komentar di bawah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar