Rabu, 17 Maret 2021

SOAL HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS 11 ADMINISTRASI PERKANTORAN SEMESTER 2 BESERTA JAWABAN

Soal Pilihan Ganda Humas Keprotokolan Kelas 11 Semester 2- Halo kawan-kawan semua, pada artikel kali ini admin blog duniasmk70 akan berbagi tentang soal pts humas dan keprotokolan kelas 11 semester 2. Soal pts ini berisi soal pilihan ganda otomasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas 11.

soal pilihan ganda humas dan keprotokolan kelas 11

1.    Kata ‘’Komunikasi’’ berasal dari bahasa latin, yaitu...
a.    Communicate
b.    Comunican
c.    Komunist
d.    Communicare
e.    Kompromi

2.    Pengertian komunikasi menurut Harwood adalah...
a.    Seluruh proses yang diperlukan untuk mencapai pikiran-pikiran yang dimaksud oleh orang lain
b.    Komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencangkup berbagai  macam bentuk komunikasi baik verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu
c.    Proses penyampaian informasi dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha untuk mendapat saling pengertian
d.     proses yang diperlukan untuk membangkitkan perhatian oranglain yang bertujuan untuk menjalin kembali ingatan-ingatan
e.    Semua benar

3.    Pada dasarny, komunikasi dibedakan menjadi 2, yaitu...
a.    Langsung dan tidak langsung
b.    Formal dan non formal
c.    Internal dan eksternal
d.    Vertikal dan horizontal
e.    Verbal dan non verbal

4.    Berikut ini adalah hambatan-hambatan dalam membangun kominikasi efektif, kecuali...
a.    Stres dan emosi yang tak terkendali
b.    Kurang fokus
c.    Bahasa tubuh yang tidak konsisten
d.    Bahasa tubuh negatif
e.    Bahasa mudah dimengerti

5.    Dibawah ini adalah  fungsi media komikasi, ...
a.    Alat untuk mengelabui masyarakat
b.    Saluran untuk mencapaikan informasi
c.    Alat  untuk penerjemah lambang komikasi
d.    Alat untuk menghibur atau mendidik
e.    Alat untuk percepat penyampaian informasi

6.    Komunikasi yang berlangsung  secara sepihak, dari pihak komunikator saja, disebut komunikasi ...
a.    Satu arah
b.    Dua arah
c.    Diagonal
d.    Horizontal
e.    Vertikal

7.    Ciri-ciri komunikasi formal adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.    Lebih banyak mempergunakan surat resmi
b.    Mengunakan bahasa sehari-hari
c.    Berhubungan  proses penyelenggaraan kerja
d.    Bersumber perintah dari orang-orang yang berwenang
e.    Mengunakan bahasa yang resmi atau baku

8.    Seorang pimpinan yang memberi instruksi kepda bawahannya termasuk dalam jenis komunikasi menurut aliran informasi, yaitu....
a.    Komunikasi horizontal
b.    Komunikasi eksternal
c.    Komunikasi internal
d.    Komunikasi vertikal keatas
e.    Komunikasi vertikal kebawah

9.    Dibawah ini adalah salah satu prinsip komunikasi efektif, yaitu....
a.    Kesamaan pengertian
b.    credibility
c.    keterpercayaan
d.    clarity
e.    content

10.    yang dimaksud dengan “clarity” adalah...
a.    adanya faktor keterpercayaan antara komunikator dengan komunikan
b.    adanya perhubungan antara komunikator dengan komunikan
c.    adanya faktor kejelasaan dalam proses komunikasi
d.     kemampuan komunikan menerima informasi
e.    Adanya saluran atau media komunikasi

11.    Proses penulisan efektif dimulai dengan tahapan ...
a.    Planning
b.    Writing
c.    Completing
d.    Organizing
e.    Communication 

12.    Berikut merupkan langkah-langkah perencanaan pesan bisnis, kecuali ....
a.    Analisis situasi
b.    Pengumpulan informasi
c.    Memilih medium yang tepat
d.    Mengorganisasikan informasi
e.    Merevisi pesan 

13.    Perumusan tujuan humas dan mengembangkan profil audien yang akan membaca pesan dalam perencanaan pesan bisnis merupakan tahapan ....
a.    Analisis situasi
b.    Pengumpulan informasi
c.    Memilih medium yang tepat
d.    Mengorganisasikan informasi
e.    Merevisi pesan

14.    Memilih pesan apakah cukup disampaikan secara lisan, atau tertulis, atau menggunakan media elektronik dalam perencanaan pesan bisnis merupakan tahapan ...
a.    Analisis situasi
b.    Pengumpulan informasi
c.    Memilih medium yang tepat
d.    Mengorganisasikan informasi
e.    Merevisi pesan 

15.    Berikut merupakan langkah-langkah dalam penuntasaan yang akan disampaikan kepada publik, kecuali...
a.    Merevisi pesan  
b.    Memproduksi pesan
c.    Perksa dulu pesan didistribusikan (proofread)
d.    Didistribusikan pesan
e.    Mengorganisasikan informasi

16.    Informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh public relation (humas) suatu organisasi atau perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pres/redaksi media masa (tv,radio,surat kabar,majalah) untuk dipublikasikan dalam media masa disebut ...
a.    Feature
b.    Artikel
c.    Advertorial
d.    Press relase
e.    Pidato

17.    Basic press relase merupakan berbagai informasi yang mencakup ...
a.    Segala yang terdapat dalam suatu organisasi
b.    Aksi tentang target suatu produk khusus atau produk reguler untuk suatu publikasi perdagangan didalam suatu industri
c.    Hubungan dengan pemegang saham
d.    Hubungan dengan publik
e.    Hubungan dengan sesama karyawan 

18.    Naskah pidato yang berisi penjelasan singkat dan latar belakang tentang tujuan substansi yang dipidatokan supaya terbentuk hubungan berfikir dengan khalayak pendengar bagian ...
a.    Pendahulan
b.    Inti
c.    Penutup
d.    Saran
e.    Kesimpulan

19.    Uraian yang berisi argumentasi yang mengacu kepada topik pidato yang telah dipilihnya dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan merupakan naskah pidato bagian ...
a.    Pendahuluan
b.    Inti
c.    Penutup
d.    Saran
e.    Kesimpulan 

20.    Selebaran yang terdiri atas sejumlah halaman dilipat, dapat dimasukan kedalam amplop atau mudah dibawa dalam saku merupakan bentuk selebaran ...
a.    Leaflet
b.    Booklet
c.    Folder
d.    Broadsheet
e.    Katalog

21.    Berikut ini tindakan atau sikap yang didasarkan attention yaitu...
a.    Mengucapkan terimaksaih
b.    Menerima pendatangan pelanggan dengan senyum dan ramah
c.    Mendengarkan keluhan pelanggann dengan seksama
d.    Mencatat pesanan pelanggan
e.    Menggunakan bahasa  dan berperilaku yang sopan 

22.    Karakteristik pelanggar pria adalah ...
a.    Suka menawar
b.    Suka to the point
c.    Fashionable
d.    Kurang percaya diri
e.    Suka minta penjelasaan

23.    Pelayanan kepada anak-anak dapat dilakukan dengan cara ...
a.    Memberi diskon
b.    Memberi penjelasan yang meyakinkan
c.    Memberi pujian
d.     Memberi tempat yang nyaman
e.    Memberi kesempatan untuk keputusannya sendiri

24.    Cara terbaik melayani pelanggan yang sudah tua adalah...
a.    Memberikan layana dengan sabar
b.    Berikan penjelasan yang terperinci
c.    Berikan pilihan dengan cepat
d.    Berikan tren-tren terbaru
e.    Berikan pujian

25.    Terhadap pelanggan yang bergaya ‘’artist” pelayanan sebaiknya tidak dilakukan adalah...
a.    Memperhatikan gayanya
b.    Menunjukan tren-tren terbaru
c.    Menunjukan barang- barang bermerek
d.    Mengkritik penampilannya
e.    Menyanjungnya 

Demikianlah artikel tentang soal humas dan keprotokolan kelas 11 semester 2 yang dapat kami bagikan untuk kawan-kawan semua. Terimakasih sudah membaca artikel dari kami ini. Baca juga artikel lainnya tentang dunia SMK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel