Minggu, 14 Maret 2021

SOAL OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN KELAS 11 SEMESTER 1

Soal OTK Humas dan Keprotokolan – Selamat datang kembali sobat SMK di blog duniasmk70.blogspot.com seperti biasa admin akan berbagi informasi berkaitan dengan dunia SMK. Pada kesempatan yang baik ini admin akan berbagi artikel tentang soal pilihan ganda humas dan keprotokolan kelas 11 semester 1.

soal uas humas dan keprotokolan kelas 11 semester 1

Soal UAS Produktif Administrasi Perkantoran ini bersumber dari salah satu rekan guru kami di salah satu SMK Swasta di Jawa Barat. Kami berharap dengan adanya artikel ini bisa membantu kawan-kawan yang sedang mencari referensi dalam membuat soal uas semester ganjil ini. Inilah soal ulangan otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas 11.

1. Salah satu bagian dari khalayak humas sebagai pemakai produk disebut …..

a.  Distributor

b.  Produsen

c.  Konsumen

d.  Pemasok

e.  Pencipta

2. Jika mereka mengatakan sesuatu itu baik atau buruk, masyarakat luas akan mempercayai dan mengikutinya. Merupakan karakteristik ……

a.  Pemasok

b.  Pimpinan pendapat umum

c.  Distributor

d.  Pemakai

e.  Pasar umum

3. Penyalur, pemasok, bank, pemerintah, komunitas, dan pers merupakan bagian dari …..

a.  Publik primer

b.  Publik sekunder

c.  Marjinal

d.  Publik internal

e.  Publik eksternal

4. Berikut ini bukan termasuk public masa depan yaitu ……

a.  Karyawan

b.  Mahasiswa

c.  Pejabat pemerintah

d.  Peneliti

e.  Konsumen potensial

5. Istilah proponents dalam khalayak humas artinya ……

a.  Yang memihak

b.  Yang tidak peduli

c.  Yang peduli

d.  Yang menentang

e.  semua benar

6. Berikut ini bukan merupakan tujuan hubungan antara kehumasan dengan komunitas yaitu ……

a. Menyumbang kepada program pemberantasan kenakalan remaja di dalam komunitas

b.  Menerima keluhan dealer tentang penjualan

c. Membantu peternakan atau pertanian

d. Meningkatkan kesehatan komunitas

e.  Mendukung kegiatan olahraga dan rekresi

7. Setiap terbitan punya frekuensi penerbitan yang berbeda-beda berhubungan erat dengan hal-hal pokok perihal pers yaitu …..

a.  Kebijakan editorial

b.  Frekuensi penerbitan

c.  Tanggal penerbitan

d.  Proses percetakan

e.  Daerah sirkulasi

8. Tugas pokok seorang praktisi humas yaitu …..

a. Bertanggungjawab terhadap departemen humas internal

b.      Melakukan penyiaran berita

c. Menjalin hubungan dengan kehumasan pemerintah

d. Mendistribusikan produk perusahaan

e. Menjalankan program-program humas yang telah direncanakan serta disetujui sebelumnya

9. Di bawah ini hal-hal pokok perihal pers, kecuali …..

a.  Kebijakan editorial

b.  Frekuensi penerbitan

c.  Tanggal penerbitan

d.  Mengadakan penyelidikan

e.  Proses pencetakan


10. Sekelompok orang yang hidup di tempat yang sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun-temurun disebut ….

a.  Pemasok

b.  Konsumen

c.  Komunitas

d.  Distributor

e.  Publik

11. Karyawan, satpam, supervisor, manajer, dan para pemegang saham termasuk ke dalam contoh …..

a.  Publik eksternal

b.  Publik primer

c.  Publik internal

d.  Publik Tradisional

e.  Publik sekunder

12. Di bawah ini unsur-unsur dalam public dalam hubungannya dengan khalayak humas, kecuali …..

a.  Masyarakat luas

b.  Pers

c.  Pegawai atau anggota

d.  Pemasok

e.  Distributor

13. Tindakan-tindakan yang harus dilakukan external public relations adalah …..

a. Menganalisa dan menilai sikap dan opini public

b. Mengadakan koreksi dan saran kepada pimpinan

c. Mempersiapkan bahan-bahan untuk public

d. Ikut membantu pimpinan

e. Semua benar

14. Siapakah yang bertanggungjawab terhadap hubungan antara distributor dan dealer …..

a.  Pemasaran

b.  Pemasok

c.  Direktur

d.  Distributor

e.  Manajer


15. Siapakah yang menangani fungsi perantara antara produsen dan konsumen …..

a.  Pemasaran

b.  Pemasok

c.  Direktur

d.  Distributor

e.  Manajer

16. Kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang menginginkan suatu imbalan untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya disebut ……

a.  Profesi

b.  Etika

c.  Etiket

d.  Moral

e.  Asosiasi

17. Adat istiadat atau kebiasaan yang baik yang dihayati oleh masyarakat disebut

a.  Profesi

b.  Etika

c.  Etiket

d.  Moral

e.  Asosiasi

18. Salah satu pilar etika hubungan masyarakat adalah ….. yang berarti menyampaikan kebenaran.

a.  To tell the truth

b.  Beneficence

c.  Non-maleficence

d.  To respect privacy

e.  Cofidentiality

19. Membangun kondisi moral, budaya, dan intelektual dalam dialog, dan mengakui hak semua pihak yang terlibat untuk meyatakan kasus dan mengekspresikan pandangannya menjelaskan salah satu kode etik IPRA, yaitu …..

a.  Dialogue

b.  Observance

c.  Transparency

d.  Falsehood

e.  Integrity

20. Seorang anggota wajib menghargai kepentingan umum dan menjaga harga diri setiap anggota masyarakat. Hal ini merupakan salah satu norma kode etik APRI, yaitu …..

a.  Komunikasi internal

b.  Keuangan

c.  Kepentingan tersembunyi

d.  Perilaku professional

e.  Komunikasi Internal

21. Kepribadian yang menyangkut kumpulan nilai-nilai, konsep-konsep, pengetahuan dan kebiasaan manusia dalam hidup bermasyarakat yang bisa memengaruhi kepribadian seseorang merupakan faktor kepribadian yang dibentuk berdasarkan faktor ……

a.  Sosial dan budaya

b.  Sosial dan lingkungan

c.  Keluarga dan masyarakat

d.  Kultural dan peradaban

e.  Pendidikan dan pelatihan

22. Seorang pegawai lulus mengikuti pelatihan yang diadakan untuk suatu perusahaan. Keterampilan apa yang dimiliki oleh pegawai tersebut …..

a.  Task skill

b.  Task management skill

c.  Contingency skill

d.  Transfer skill

e.  Role environment skill 

23. Kata “profesi” berasal dari bahasa latin, yaitu “…..” yang berarti suatu kegiatan yang semula dihubungkan dengan sumpah dan janji bersifat religious …..

a.  Professor

b.  Professues

c.  Profesi

d.  Professional

e.  Professme

24. Para professional yang melaksanakan profesinya tidak berorientasi untuk mencari nafkah, namun lebih menekankan dedikasi, tergolong ke dalam …..

a.  Profesi khusus

b.  Profesi humas

c.  Profesi luhur

d.  Profesi hukum

e.  Profesi Konsultan

25. Ciri-ciri khas profesi menurut Dr. James J. Spillane sebagai berikut, kecuali …..

a. Tidak menjadi anggota asosiasi/organisasi profesi

b. Teknik dan proses intelektual

c. Penetapan praktis dan teknik intelektual

d. Memperoleh pengakuan terhadap profesi yang disandangnya

e. Melalui periode panjang menjalani pendidikan, latihan dan sertifikasi

26. Dalam pengembangan professional, seorang professional PR/humas harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan gagasan yang inovatif, disebut …..

a.  Kriteria

b.  Konseptor

c.  Kreatif

d.  Pengakuan

e.  Organisasi

27. Di bawah ini prinsip etika profesi kehumasan …..

a.  Tanggung jawab

b.  Kebebasan

c.  Kejujuran

d.  Keadilan

e.  Semua benar

28. Di bawah ini contoh kode etik profesi humas yaitu …..

a.  Kualifikasi kemampuan

b.  Komitmen terhadap pelanggan

c.  Menumbuhkan komunikasi moral

d.  Kemampuan berfikir

e.  Mempraktikkan suatu keahlian

29. Berikut adalah kemungkinan sanksi yang akan dijatuhkan kepada pelaku pelanggaran kode etik …..

a.  Membatasi pemberian bantuan

b.  Tidak professional kerja

c.  Mendapat  peringatan

d.  Perizinan dibatasi

e.  Tidak memberikan jaminan

30. Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengembangan profesionalisme yaitu ….

a.  Pengakuan

b.  Organisasi

c.  Kriteria

d.  Kreatif

e. Benar Semua

Demikianlah artikel yang dapat kami sajikan tentang soal pas produktif administrasi perkantoran kelas xi semester ganjil ini. Semoga bisa bermanfaat untuk para pengunjung blog kami ini. Jangan lupa baca juga artikel lainnya pada blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel