Senin, 07 Desember 2020

SOAL UAS DESAIN GRAFIS PERCETAKAN PRODUKTIF MULTIMEDIA KELAS XI SEMESTER GANJIL

Soal desain grafis percetakan – Hello sobat SMK, pada kesempatan yang baik ini admin blog duniasmk70.blogspot.com akan berbagi informasi mengenai multimedia. Multimedia adalah salah satu jurusan yang ada pada sekolah menengah kejuruan (SMK), menjelang akhir tahun seperti biasa sekolah melaksanakan ulangan akhir semester, bapak/ibu guru sebagian akan ditugaskan untuk membuat soal UAS tersebut. Oleh karena itu melalui artikel ini kami akan berbagi soal uas desain grafis percetakan kelas xi semesyter ganjil.

soal pilihan ganda desain grafis percetakan kelas x

Soal produktif multimedia kelas xi ini terdiri dari 30 soal pilihan ganda dari mata pelajaran desain grafis percetakan kelas xi. Bagi bapak/ibu guru mungkin artikel ini bisa membantu untuk dijadikan referensi dalam pembuatan soal PAS Produktif Multimedia Kelas XI Semester Ganjil ini. Baiklah berikut ini kami sajikan artikel mengenaik soal pilihan ganda desain grafis percetakan kelas xi.

1. Untuk mengatur tata ukuran tampilan dokumen dalam layar dapat menggunakan …..
a. Pick
b. Zoom
c. Rectangle
d. Ellips
e. Polygon

2. Desain grafis komputer yang terdiri dari deretan atau kumpulan titik-titik disebut grafik …..
a. Vector
b. Pie
c. Lineing
d. Batang
e. Bitmap

3. Redo berfungsi untuk …..
a. Membatalkan perintah
b. Mengulang perintah
c. Menggandakan objek
d. Menyimpan objek
e. Mendatangkan file

4. Integrated desainer menggunakan desainer khusus yang membutuhkan integritas dengan programmer dalam pembuatan karya berikut, kecuali …..
a. Pembuatan game
b. CD interaktif
c. Multimedia
d. Fotografi
e. Webdesain

5. Dibawah ini adalah gambar bertipe bitmap adalah ….
a. Kubus
b. Persegi panjang
c. Lingkaran
d. Photo
e. Garis kurva

6. File gambar yang bertipe jpg merupakan grafis …..
a. Bitmap
b. Hybrid
c. Vector
d. Morfh
e. Metafile

7. Satuan untuk mengukur resolusi gambar adalah…
a. Bit
b. Byte
c. Bps
d. Pixel
e. Candela

8. Dibawah ini yang merupakan format file dari desain grafis gambar vector adalah …..
a. *.psd
b. *.bmp
c. *.jpg
d. *.wmf
e. *.efs

9. Grafik bitmap disebut juga…
a. Roaster
b. Chesster
c. Raster
d. Citra
e. Pixel

10. Photoshop merupakan aplikasi desain grafis yang berbasis …..
a. Vector
b. Bitmap
c. Citra
d. Pixel
e. Version

11. Fasilitas pada toolbox yang memungkinkan untuk membuat duplikat dari suatu image adalah …
a. Clone stamp tool dan pattern stamp tool
b. Selection tool[Type here]
c. Duplicate layer
d. Healing brush tool
e. Magic wand tool

12. Bentuk sudut dan bentuk bidang suatu benda dapat dibedakan menjadi lima bentuk, kecuali, …..
a. Kubistis
b. Silindris
c. Bebas
d. Bola atau bulat
e. Bidang

13. Di bawah ini yang bukan merupakan tipe layer adalah ..…
a. Type layer
b. Mask layer
c. Fill layer
d. Adjustment layer
e. Palette layer

14. Toolbox yang berfungsi untuk berbalik ke pengolahan sebelumnya adalah ….
a. History brush tool
b. Action palette
c. Undo
d. History palette
e. Navigator palette

15. Latihan yang membantu untuk berani menarik garis dan memulai menggambar berbagai macam objek adalah…...
a. Latihan menarik garis tanpa henti
b. Membuat bentuk-bentuk dasar botol
c. Membuat garis lurus
d. Membuat garis tanpa henti tanpa mengangkat pensil
e. Membuat garis vertical

16. Gelas, botol, dan teko adalah beberapa contoh dari bentuk ….
a. Bola
b. Kerucut
c. Bebas
d. Kubistis
e. Silindris

17. Prespektif adalah sebuah gambar yang dibuat sesuai dengan ….
a. Bentuk nyata
b. Warna pada film
c. Bayangan
d. Pandangan mata manusia
e. Realita

18. Membuat sketsa digunakan sebagai langkah awal visualisasi dari sebuah….
a. Gambar
b. Ide dasar
c. Bentuk
d. Ruang
e. Garis

19. Sebelum menggambar manusia dan binatang, sebaiknya menggambar ….
a. Alam benda
b. Bangunan datar
c. Pemandangan sawah
d. Semua benar
e. Pemndangan pantai

20. Di bawah ini yang bukan merupakan pewarnaan dalam ilustrasi adalah….
a. Krayon
b. Pastel
c. Cat air
d. Arang
e. Pastel minyak

21. Tipografi seagai salah atu bentuk seni yang memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan pesan. Namun, pada kenataanya banyak sekali kesalahan yang diabaikan sehingga pesan tidak tersampaikan dengan baik. Kesalahan yang sering diabaikan dalam membuat tipografi adalah sebagai berikut …..
a. Pemilihan warna antara background dan teks tidak kontras
b. Terlalu banyak menggunakan tanda baca dalam membuat tipografi
c. Mengabaikan penggalan kata dalam sebuah kalimat menyebabkan pesan yang disampaikan tidak jelas
d. Tipografi hanya berjumlah dua kata saja
e. Banyaknya jarak antara kata satu dengan yang lainnya

22. Salah satu jenis font tipografi yang memiliki ketebalan huruf yang sama, tidak tipis, tidak tebal yang memiliki kesan modern dan efisien. Jenis font yang dimaksud adalah …..
a. Script
b. Sans serif
c. Egyptian
d. Miscellaneous
e. Roman

23. Untuk keperluan web dan animasi, mode warna yang digunakan adalah….
a. RGB
b. CMYK
c. Indexed
d. Multichannel
e. Lab

24. Untuk mengubah objek dengan menarik node pada setiap sisi disebut efek …..
a. Blend
b. Extrude
c. Distort
d. Contour
e. Envelope

25. Dibawah ini merupakan pengertian dari property bar adalah ....
a. Tampilan seluruh fungsi pada tool
b. Tampilan fungsi umum pada tool yang sedang aktif
c. Tampilan seluruh fungsi pada aplikasi[Type here]
d. Tampilan fungsi efek pada gambar
e. Tampilan tool yang sedang aktif

26. Terdapat dua titik hilang yang terletak di sebelah kanan dan kiri adalah prespektif…..
a. Satu titik hilang
b. Dua titik hilang
c. Tiga titik hilang
d. Horizontal
e. Vertical

27. Fitur untuk memotong bagian lain pada sebuah bidang pada aplikasi berbasis vector adalah….
a. Weld
b. Trim
c. Intersect
d. Simplify
e. Boundary

28. Aplikasi grafis berbasis vector diantaranya berikut ini, kecuali…..
a. CorelDraw
b. Macromedia freehand
c. Adoe illustrator
d. Gimp
e. Inkscape

29. Fitur yang dapat membuat jalur garis teks mengikuti bentuk jalur garis atau bidang disebut …..
a. Align to baseline
b. Paragraph text frame
c. Fit text to path
d. Straighten text
e. Convert text to curve

30. Elemen-elemen visual dari nirmana yaitu. …
a. Titik, bidang, bentuk, ruang, gelap terang, warna, dan tektur
b. Titik, garis, bentuk, ruang, gelap terang, warna, dan tekstur
c. Titik, garis, bidang, ruang, gelap terang, warna, dan tekstur
d. Titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, dan tekstur
e. Titik, garis, bidang, entuk, ruang, gelap terang, warna dan tekstur

Demikianlah artikel tentang soal pilihan ganda desain grafis percetakan kelas xi semester ganjil ini. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk para pengunjung blog kami ini. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel