Minggu, 06 Desember 2020

CARA MEMERIKSA DAN MENYETEL CELAH KATUP SEPEDA MOTOR DENGAN BAIK DAN BENAR

Menyetel Celah Katup – Hello sobat SMK pada kesempatan kali ini admin blog duniasmk70.blogspot.com akan berbagi informasi seputar dunia otomotif. Pada artikel ini kami akan membahas tentang cara memeriksa dan meyetel celah katup sepeda motor. Pada tuneup sepeda motor salah satu rangakaian pemeriksaannya yaitu dengan memeriksa dan meyetel celah katu. Tahukah teman-teman bagaimana caranya menyetel celah katup pada sepeda motor, lantas apa saja alat yang harus dipersiapkan, Simak artikel ini agar sobat SMK bisa menyetel celah katup.

cara memeriksa celah katup sepeda motor

Pada sepeda motor terdapat 2 buah katup yaitu katup IN dan EX, katup IN adalah katup masuk di mana untuk memasukkan campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar sedangkan katup EX adalah katup keluar di mana untuk mengeluarkan sisa pembakaran melalui celah katup EX ysng diteruskan ke knalpot.
Berikut cara memeriksa dan meyetel celah katup sepeda motor.

Alat dan Bahan 

1. Sepeda Motor

2. Buku petunjuk manual servis sepeda motor

3. Obeng minus

4. Tappet (adjust wrench)

5. Kunci ring 8-9 (motor bebek) atau kunci ring 10-11 (motor sport)

6. Fuller gauge (disesuaikan dengan spesifikasi sepeda motor pada buku petunjuk manual)

Langkah Kerja 

1. Bukalah kedua katup Isap dan buang. Kemudian buka juga tutup tanda Top (T) dan penutup kecil yang berada di sebelah kiri blok mesin dengan bantuan obeng minus.

2. Putarlah magnet ke kiri (berlawanan arah jarum jam) sehingga tanda T terlihat pada lubang dan pas dengan tanda penunjuk.

3. Periksalah celah katup dengan menggunakan fuller gauge dengan cara memasukkan fuller gauge diantara sekrup penyetel dan ujung katup, apakah masih sesuai dengan yang ada di buku manual.

4. Jika sudah tidak sesuai maka harus disetel yaitu dengan cara melonggarkan mur pengikat (catatan: tahan dengan tappet) dan memutar sekrup penyetel sampai terasa ada penahan pada fuller gauge saat digerakkan.

5. Tahanlah sekrup penyetel jangan sampai bergeser dan keraskan mur pengikat.

6. Pasanglah kembali tutup-tutup yang telah dibuka yaitu tutup katup isap dan buang juga tutup tanda top dan penutup kecil.

7. Hidupkan mesin sepeda motor. Apabila mesin hidup dengan suara halus berarti setelan celah katup sudah sesuai. Namun apabila tidak hidup berarti setelan terlalu rapat dan jika mesin hidup namun terlalu berisik berarti setelan terlalu longgar.

8. Rapikan kembali peralatan yang sudah digunakan, dan ruang praktik setelah kegiatan selesai.

Demikianlah artikel mengenai cara memeriksa dan meyetel celah katup sepeda motor dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembacanya. Terimakasih sudah membaca artikel dari blog kami ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel